Visi Misi Sekolah

Contoh VISI MISI DAN TUJUAN SEKOLAH

 

A.    Visi

Menciptakan insan berprestasi, berbudaya dan bertaqwa

B.     Misi

Misi sekolah sebagai berikut:

  1. Menjalankan nilai-nilai agama dan berprilaku akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Melaksanakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan untuk mengembangkan potensi keilmuan peserta didik.
  3. Menumbuhkan semangat berprestasi kepada seluruh warga sekolah.
  4. Membimbing dan mengembangkan bakat dan minat peserta didik.
  5. Terlaksananya program ekstrakurikuler untuk menghasilkan siswa yang berprestasi dan bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.
  6. Menerapkan manajemen berbasis sekolah yang partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah.
  7. Mengembangkan hasil karya yang dimiliki peserta didik.
  8. Meningkatkan kesadaran untuk memelihara lingkungan.

C.    Tujuan Sekolah

1. Tujuan Umum

Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

2. Tujuan Khusus

a)     Meningkatkan perilaku peserta didik yang berakhlak mulia,
.       beriman menuju ketaqwaan terhadap Allah Swt.
b)     Meningkatkan prestasi lulusan peserta didik yang siap
.       mengikuti pendidikan lebih lanjut.
c)     Meraih prestasi dalam berbagai ajang lomba/ seleksi pada
.       tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi.
d)    Meningkatkan keterampilan karya peserta didik.
e)     Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekolah.

D.    Kondisi Objektif  SDN Balewangi 01
.       Kecamatan Cisurupan

1.      Lingkungan Sekolah
a.    Identitas Sekolah

Nama Sekolah : Sekolah Dasar Balewangi 01
Status : Negeri
NSS : 101021116024
NPSN : 20225680
NSB : 007212310820602
Status Tanah : Hak Milik
Telepon : (0262) 576860

 

b.   Letak sekolah

Letak sekolah terletak di Kampung Gudang kompleks Balebesar Desa Balewangi Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. Kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota Garut.

Letak sekolah ini berada di wilayah pemerintahan desa dan kecamatan. Berdekatan dengan Kantor Kecamatan Cisurupan, UPTD Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Garut, DPT Puskesmas, Panti Sosial Pertirahan Anak (PSPA) Putra Harapan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, TK PGRI Balewangi, Kantor  Program PNPM, Koramil Cisurupan serta sarana peribadatan perkampungan penduduk. Sedangkan kondisi penduduk sekitar sekolah bermata pencaharian cukup beragam petani, buruh dan pegawai pemerintahan.

 

2.      Sejarah Perkembangan Sekolah

Tahun pendirian sekolah, tahun 1952 sesuai dengan Surat Keterangan Nomor 593.122022/67-DESA-1994 dan SK Pendirian Nomor 421/SK.1011/ Pendas. Semula nama sekolah adalah SD Negeri Cisurupan 2. Sehubungan dengan kebijakan pemerintah tentang otonomi pendidikan, pada tahun 2000 nama sekolah negeri disesuaikan dengan nama desa/ kelurahan dimana sekolah itu berada. Maka berubah nama menjadi SD Negeri Balewangi 1. Sekitar tahun 1984 pernah menjadi sekolah Induk Pengembangan Kesenian (IPK) yang merupakan kebijakan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat saat itu.

Sekolah ini sangat strategis untuk dikembangkan menjadi sekolah standar nasional selain letak yang strategis, nyaman dan luas tanah lebih dari 2028 m2 cukup untuk pengembangannya di kemudian hari juga secara historis sekolah ini pernah mengalami masa kejayaan di bidang prestasi serta beberapa penghargaan baik prestasi di tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Tahun 1995  pernah menjadi juara 2 sekolah sehat tingkat kabupaten Garut. Beberapa prestasi siswa yang pernah diraih ini diantaranya juara 1 IPA tingkat Kabupaten Garut dan sebagai duta Olimpiade MIPA dari Kabupaten Garut. Pada tahun 2004 Lomba Mata Pelajaran IPU dan IPA sekolah ini pernah mewakili Kabupaten Garut sebagai juara 1 untuk berkompetisi di tingkat Provinsi Jawa Barat dan tahun 2008 mewakili Mapel IPA ke tingkat Provinsi pula. Dalam berbagai lomba di tingkat kecamatan sekolah ini sering mendapat medali yang terbanyak, pada tahun 2012 dan 2013 berturut-turut untuk cabang O2SN Sepak Takraw lagi-lagi dapat mewakili Kabupaten Garut ke Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan juara 4 besar. Hal ini  bukti keseriusan pihak sekolah dalam mendidik putra putri bangsa.

SDN Balewangi 01 merupakan sekolah inti pada kegiatan gugus yang bermitra dengan lima (5) sekolah imbas lainnya untuk pertemuan KKG/ KKKS dan kelompok profesional. Pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2009 sekolah ini merupakan sekolah binaan UNICEF yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Garut dalam penerapan pola-pola CLCC. (Creating Learning Communities for Children) melalui empat pilar yaitu manajemen berbasis sekolah (MBS), Pembelajaran Aktif Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), serta peran serta masyarakat (PSM).

SDN Balewangi 01 mendapat predikat “B+” kategori baik. Hasil ini ditunjukkan berdasarkan penilaian akreditasi yang telah dilaksanakan pada tahun 2006.

Dalam upaya mengembangkan pendidikan ke arah yang lebih sempurna, pihak stakeholder terus berupaya mencari terobosan guna mencapai visi dan misi sekolah yang telah ditetapkan. Pada tahun 2009 sekolah ini mendapat kepercayaan untuk mengembangkan sekolah melalui program Rintisan Sekolah Standar Nasional dengan mengupayakan ketercapaian delapan Standar Nasional Pendidikan meliputi standar isi, standar kompetensi lulusan, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pembiayaan, standar pengelolaan, dan standar penilaian.

 

3.    Keadaan Sekolah

a.    Keadaan Tanah

Dahulu tepatnya jaman kolonial Belanda di tanah sekolah sekarang pernah berdiri Hotel Cisoeroepan yang cukup megah, orang Belanda menyebutnya Vila Pauline. Kala itu, pejabat-pejabat kolonial Belanda atau tamu-tamu asing berkunjung ke Garut suka menyempatkan atau singgah ke vila tersebut. Seiring alam kemerdekaan, kini hotel dan vila peninggalan Belanda tersebut telah tiada dan berdirilah instansi-instansi pemerintah kecamatan, lembaga pendidikan, lembaga sosial termasuk SDN Balewangi 01 di dalamnya.

Luas tanah untuk lokasi SDN Balewangi 01 ini 2028 m2 dengan status hak milik. Tanah ini dipergunakan seluas-luasnya bagi kepentingan pendidikan/ sekolah. Jenis tanahnya tergolong tanah pertanian karena cukup subur bagi tanaman dan sayuran.

 

 b.     Kerjasama dengan pihak lain

Bentuk kerjasama sekolah dengan pihak lain meliputi beberapa kegiatan yaitu sebagai berikut.

1) Puskesmas

Menfasilitasi program-program kesehatan untuk anak sekolah seperti: Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Yodium untuk Anak Sekolah, Pelatihan Dokter Kecil, Sosialisasi tanggap bahaya Flu Burung, Kesehatan Gigi untuk Anak Sekolah, Imunisasi untuk kelas I (Campak/ Polio).

2) Pusat Kegiatan Guru (KKG/ KKKS)

Sekolah ini termasuk sekolah inti, sebagai pusat kegaitan guru yang menyelenggarakan kelompok kerja guru dan kelompok kerja kepala sekolah se-Gugus Mandalawangi yang anggotanya 5 SD imbas. Sekolah bekerja dengan kelompok ini untuk mengembangkan model-model pembelajaran efektif dan bermakna.

3) Kelompok instansi

Program penyediaan makanan tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) bekerja sama dengan beberapa instansi meliputi Kantor Kecamatan Cisurupan, Para Pengawas, Desa Balewangi, Team Penggerak PKK Tingkat Desa, dokter Puskesmas, kelompok orang tua siswa (komite sekolah).

4) Sekolah Yayasan

Ikut aktif dalam mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Yayasan NM yang dikemas kegiatan lomba dan kreasi anak seperti Lomba Cerdas cermat, pesantren ramadhan, lomba anak sholeh yang diselenggarakan setiap bulan suci ramadhan.

5) Radio Best FM Cikajang

Menyelenggarakan sosialisasi Cuci Tangan Pakai Sabun se-dunia tingkat Kecamatan Cisurupan.

6) SMA Negeri 16 Garut

Ikut aktif dalam lomba-lomba kepramukaan (Gartika Galang) yang diselenggarakan oleh pihak SMAN 16 Garut.

 7) Alumni SDN Balewangi 01

Kerjasama dengan para alumni SDN Balewangi 01 sebagai bentuk para alumni mencintai almamaternya. Para alumni aktif membantu peserta didik/ sekolah dalam beberapa kegiatan yang diselenggarakan sekolah seperti pentas seni sekolah, kegiatan kenaikan kelas, dan kegiatan kepramukaan.

8) Orang tua dan Masyarakat

Menyelenggarakan rapat-rapat orang tua murid dalam memberikan informasi kemajuan peserta didik dan atu memusyawarahkan program-program sekolah.

9) Komite Sekolah

Bentuk kerja sama dengan komite sekolah berkaitan dengan penentuan kebijakan sekolah selain itu penggalian gagasan untuk peningkatan mutu pendidikan.

.

3.    Kegiatan Ektrakurikuler

Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantu pengembangan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat dan minat mereka melalui kegiatan yang secara khusus diselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah.

Fungsi kegiatan Ekstrakurikuler meliputi:

  1. Pengembangan, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi, bakat dan minat mereka.
  2. Sosial, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab sosial peserta didik.
  3. Rekreatif, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan suasana rileks, mengembirakan dan menyenangkan bagi peserta didik yang menunjang proses perkembangan.
  4. Persiapan karir, yaitu fungsi kegiatan ekstra kurikuler untuk mengembangkan kesiapan karir peserta didik.

Format kegiatan ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Individual, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik secara perorangan.
  2. Kelompok, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti oleh kelompok-kelompok peserta didik.
  3. Klasikal, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik dalam satu kelas.
  4. Gabungan, yaitu format kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti peserta didik antar kelas /antar sekolah.

Pelaksanaan kegiataan ekstra kurikuler diselenggarakan melalui:

  1. Kegiatan ekstra kurikuler yang bersifat rutin, spontan dan keteladanan dilaksanakan secara langsung oleh guru, konselor dan tenaga kependidikan di sekolah.
  2. Kegiatan ekstra kurikuler yang terprogram dilaksanakan sesuai dengan sasaran, substansi, jenis kegiatan, waktu, tempat dan pelaksana sebagaimana telah direncanakan.

Jenis ekstrakurikuler yang ada di SD Negeri Balewangi 01 Kecamatan Cisurupan adalah sebagai berikut.

  1. Krida, meliputi

a) Kepramukaan

Nomor : 0526047-052648
Nama Gudep : Moh. Toha dan Lasminingrat
Waktu Latihan : Jum’at, Pukul 13.00 s.d. 14.00 WIB
Materi :

 

  1. Upacara Pembukaan/Penutupan
  2. Pengetahuan Kepramukaan/ umum
  3. Tanda Kecakapan umum/ khusus
  4. PBB-AB
  5. Morse, semaphore, tanda pluit, tanda umum.

b) Pasukan Pengibar Bendera

Waktu latihan  : Hari Sabtu, pukul 13.00 s.d. 14.30 WIB

Materi              :

  1. Formasi PBB-AB
  2. Petugas Penggerek
  3. Paduan suara
  4. Kedisiplinan
  5. Pembinaan pemimpin upacara
  6. Teknik membaca naskaha upacara bendera

c) Dokter Kecil.

Materi              :

  1. P3K
  2. Menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan
  3. Kemanusiaan

.

2. Latihan/lomba keberbakatan/prestasi, meliputi:

1)      Olah raga

  • Permainan catur
  • Tenis Meja
  • Bola Voli Mini
  • Sepak Bola
  • Sepak takraw
  • Atletik

2)      Seni budaya

  • Pencak silat
  • Baca puisi
  • Teknik Membaca Berita
  • Bercerita daerah
  • Tari tradisional
  •  Solo/ Vokal Grup

3)      Bidang agama

  • Tahfidz doa-doa harian
  • Kaifiyat Solat
  • Kegiatan Ramadhan

4)      Pembinaan prestasi akademik

  • Les siswa kelas VI
  • Pembinaan peserta lomba SPKS Tingkat Kecamatan/ Kabupaten.

5)      Ketertiban Siswa

Untuk ketertiban siswa sekolah membuat peraturan sekolah yang dituangkan dalam lembar Tata Tertib sekolah dan ketertiban kelas (terlampir). Ruang lingkup ketertiban meliputi aspek-aspek penanaman karakter:

  1. Ketaqwaan
  2. Sopan santun
  3. Kedisiplinan
  4. Ketertiban
  5. Kebersihan
  6. Kerapihan
  7. Keamanan

.

3      Prestasi Siswa

Prestasi yang akademis dan non akademis yang pernah diraih sekolah dengan rinciannya sebagai berikut.

Prestasi Tahun 2007/2008

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggara Peringkat/ Juara
1. Siswa berprestasi Kecamatan Juara ke-1
2. Olimpiade IPA Kecamatan Juara ke-1
3. Seni Musik Kecamatan Juara ke-1
4. IPU Kecamatan Juara ke-1
5. Mamaos Pupuh Kecamatan Juara ke-2
6. Teknologi Sederhana Kecamatan Juara ke-2
7. Olimpiade Matematika Kecamatan Juara ke-3
8. Calistung Kecamatan Juara ke-3
9. IPU Kabupaten Juara ke-1

Prestasi Tahun 2008/2009

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggara Peringkat/ Juara
1. Ngadongeng Kecamatan Juara ke-1
2. Tahfidz doa harian Kecamatan Juara ke-1
3. Tari Dewi Kecamatan Juara ke-1
4. Teknologi Sederhana Kecamatan Juara ke-1
5. Festival Seni Musik Kecamatan Juara ke-1
6. Siswa berprestasi Kecamatan Juara ke-2
7. Calistung Kelas 3 Kecamatan Juara ke-1
8. Olimpiade IPA Kecamatan Juara ke-3
9. Calis kelas 1 Kecamatan Juara ke-3
10. Calis kelas 2 Kecamatan Juara ke-3

 

 

Prestasi Tahun 2009/2010

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggara Peringkat/ Juara
1. Olimpiade IPA Kecamatan/ Kab. Juara Ke-1
2. Tahfid Doa Harian Kecamatan Juara ke-1
3. Maca Warta Kecamatan Juara ke-1
4. Siswa Berprestasi Kecamatan Juara ke-2
5. Membaca Cepat Kecamatan Juara ke-1
6. Festival Komputer Kecamatan Juara ke-1
7. Calistung Kelas 1 Kecamatan Juara ke-1
8. Kerajinan Tangan Kecamatan Juara ke-2
9. Kaipiyat Sholat Kecamatan Juara ke-3
10. Cerdas Cermat Kls IV Kecamatan Juara ke-3
11. Cerdas Cermat GEEOBE- Kabupaten Terbaik 10 Besar

 

Prestasi Tahun 2010/2011

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggaraan Peringkat/ Juara
1. Tahfidz Doa Harian Kls. 1 Kecamatan Ke-1
2. Tahfidz Surat-surat Pendek Kelas 2 Kecamatan Ke-1
3. Calistung Kelas 3 Kecamatan Ke-3
4. Membaca Cepat 4 Kecamatan Ke-1
5. Maca Warta Kecamatan Ke-1
6. Biantara B. Sunda Kecamatan Ke-1
7. Cerita Bergambar Kecamatan Ke-1
8. Bercerita daerah Kecamatan Ke-2
9. Olimpiade IPA Kecamatan Ke-1
10. Atletik Kecamatan Ke-1
11. Bola Voly Mini Kecamatan Ke-1
12. Sepak Bola Mini Kecamatan Ke-2
13. Takraw Kecamatan Ke-1

 

Prestasi Tahun 2011/2012

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggaraan Peringkat/ Juara
1. TAHFIDZ DOA HARIAN Kecamatan 1
2. CALISTUNG KELAS 2 Kecamatan 2
3. SISWA BERPRESTASI Kecamatan 2
4. CALISTUNG KELAS 3 Kecamatan 3
5. TARI KIPAS Kecamatan 3
6. CERITA BERGAMBAR Kecamatan 3
7. PIDATO BAHASA INDONESIA Kecamatan 3
8. SEPAK TAKRAW Kecamatan 1
9. ATLETIK KIDS Kecamatan 2
10. TENIS MEJA PUTRI Kecamatan 2
11. SEPAK TAKRAW KABUPATEN 1

 

Prestasi Tahun 2012/2013

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggaraan Peringkat/ Juara
1. MEMBACA CEPAT Kecamatan 1
2. TARI KIJANG Kecamatan 1
3. CALISTUNG KELAS 1 Kecamatan 2
4. CIPTA PUISI Kecamatan 2
5. CIPTA CERITA GAMBAR Kecamatan 2
6. CALISTUNG KELAS 3 Kecamatan 3
7. MENYANYI SOLO Kecamatan 3
8. SEPAK TAKRAW Kecamatan 1
9. ATLETIK KIDS PUTRA Kecamatan 1
10. ATLETIK KIDS PUTRI Kecamatan 1
11. PENCAK SILAT PUTRA Kecamatan 2
12. PENCAK SILAT PUTRI Kecamatan 2
13. CATUR PUTRA Kecamatan 3
14. BULU TANGKIS PUTRA Kecamatan 3
15. SEPAK TAKRAW KABUPATEN 1

.

Prestasi Tahun 2013/2014

No Jenis Kejuaraan Tk Penyelanggaraan Peringkat/ Juara
1. CALISTUNG KELAS 1 Kecamatan 1
2. CALISTUNG KELAS II Kecamatan 1
3. CALISTUNG KELAS III Kecamatan 1
4. NGADONGENG Kecamatan 1
5. NGADONGENG KABUPATEN 2
6. PUPUH RAIHAN Kecamatan 1
7. MEMBACA CEPAT Kecamatan 1
8. BIANTARA BASA SUNDA Kecamatan 1
9. BIANTARA BASA SUNDA KABUPATEN 4
10. PANTOMIM Kecamatan 1
11. SENI TARI DAERAH Kecamatan 1
12. TAHFIDZ DOA HARIAN Kecamatan 2
13. CIPTA PUISI Kecamatan 2
14. OLIMPIADE IPA Kecamatan 2
15. MENYANYI SOLO Kecamatan 2
16. SEPAK TAKRAW Kecamatan 1
17. SEPAK TAKRAW WILAYAH 1
18. PENCAK SILAT Kecamatan 1
19. ATLETIK KIDS Kecamatan 2
20. BULU TANGKIS PI Kecamatan 3
21. TENIS MEJA PI Kecamatan 3
22. SEPAK BOLA Kecamatan 3
23. SEPAK TAKRAW KABUPATEN 1
24. SEPAK TAKRAW PROVINSI 3


Di atas merupakan berkas sekolah sebagai contoh tentang Visi dan Misi, para pembaca jika hendak share disarankan untuk merubah sebagian data khususnya yang disesuaikan dengan visi misi dan kondisi sekolah masing-masing.

Terimakasih untuk kunjungannya, semoga bermanfaat.

.

Logo icon meme berprestasi efullama 2014

4 Komentar

4 thoughts on “Visi Misi Sekolah

  1. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  2. ABSUMAYANDA

    TERIMA KASIH …TULISANNYA SANGAT BERMANFAAT SEBAGAI BAHAN PERBANDINGAN TERHADAP SEKOLAH LAINNYA…SEMOGA TUJUAN YANG HENDAK DICAPAI DAPAT TERLAKSANA..

  3. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

  4. Web Anda keren abizzz… salut atas kreatifasnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 32 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: