Padamu NEGERI

1 Pada NUPTK

Salam Kebangkitan Nasional.

Bertepatan di Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2013, situs Layanan PADAMU NEGERI BPSDMPK-PMP resmi dirilis dengan semangat membangkitkan Pelayanan Publik Prima, bukan sekedar Pelayanan Birokrasi, kepada Dunia Pendidikan Indonesia.

Kami himbau kepada semua Pemilik NUPTK untuk mencari data masing-masingg di situs ini dan mempersiapkan diri dalam proses VerVal Ulang NUPTK mulai 3 Juni 2013 sesuai jenis Formulir VerVal Ulang ke Admin Dinas Kab/Kota atau Admin Sekolah Induk masing-masing.

Bagi Admin Dinas dan Sekolah-Sekolah dapat mulai mengaktifkan akun login masing-masing. Surat Login PADAMU NEGERI Admin Dinas dapat diambil di LPMP setempat. Dan Surat Aktifasi Akun Login PADAMU NEGERI setiap sekolah dapat diambil dari Admin Dinas masing-masing.

Mohon bantuan dan pengertian bagi seluruh pihak untuk saling mendukung dan bersinergi membantu proses distribusi dan aktifasi akun login masing-masing.

Hormat Kami
Tim Admin Pusat
PADAMU NEGERI INDONESIA-ku
BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD 2013

.

Mulai bulan Mei 2013, BPSDMPK-PMP menyelenggarakan kegiatan pemuktahiran data NUPTK #, yang wajib diikuti oleh PTK.

Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai PTK (Pendidik & Tenaga Kependidikan) silakan melakukan pemutakhiran dengan mengunduh  Formulir #, dan mengikuti prosedur # yang ada disitus ini. Bagi PTK yang tidak melakukan pemutakhiran data NUPTK, otomatis akan dinyatakan TIDAK AKTIF.

Mengapa harus VerVal Ulang NUPTK 2013?

Melalui kegiatan PADAMU NEGERI # yang dikelola BPSDMPK-PMP ini, Data PTK hasil VerVal Ulang NUPTK akan menjadi sumber referensi utama untuk pelaksanaan program-program peningkatan mutu PTK yang dilaksanakan oleh Direktorat Kemdikbud terkait pada tahapan selanjutnya. [ membaca selengkapnya >> ]

Wilayah Pelaksanaan

Kegiatan ini (yang juga merupakan registrasi ulang Sekolah) dilaksanakan di tingkat Kota / Kabupaten, Kecamatan maupun Sekolah diseluruh wilayah Indonesia.

.

Unduh Formulir

Masukan NUPTK atau Nama Anda melalui kolom pencarian di samping. Isi lokasi Sekolah Induk, lalu klik Cari Data.

2 Pada NUPTKSetelah data Anda temukan, klik tombol “Unduh” Formulir.

Pada NUPTK

Maka nanti akan muncul Tab yang berisi satu sampai dua pertanyaan seputar tugas sebagai PTK dan Status aktif tidaknya pada satuan pendidikan yang terdaftar.

Akan ada beberapa Format Formulir dalam pemuktahiran data NUPTK ini, diantaranya 3 format untuk Formulir PTK dan 1 untuk Pengawas dan ini tergantung dari jawaban pertanyaan dan status pada Sekolah Induk.

Pada NUPTK

Di atas adalah contoh 3 status PTK yang membedakan jenis Formulir yang akan di unduh nantinya.

Gambar 1 Unduh Formulir A01, dengan keterangan nama PTK dan Sekolah Induk sesuai dengan data NUPTK

Gambar 2 Unduh Formulir A02, dengan keterangan tidak Aktif lagi pada Sekolah Induk sesuai dengan data NUPTK

Gambar 3 Unduh Formulir A03, dengan keterangan nama PTK dan Sekolah Induk sudah sesuai tapi pada  NPSN ada keterangan “belum diverifikasi”

………… 4 Unduh Formulir A04, Formulir untuk Pengawas Sekolah.

………… 5 Unduh Formulir A05, Formulir pengajuan NUPTK PTK baru.

………… 6 Unduh Formulir A06, Formulir khusus Pengawas Sekolah.

.

setelahnya kita mengisi beberapa pertanyaan, maka pada bagian bawah akan muncul tab Unduh Formulir dan selanjutnya kita klik. Di bawah gambar sederetan file jenis pdf yang tersimpan pada komputer hasil Unduh Formulir.

Pada NUPTK

Setelah dicetak, diisi & ditanda-tangani, serahkan formulir ke Administrator / Operator sesuai keterangan dalam formulir. Lihat prosedur  untuk langkah yang lebih detil.

.

Operator Sekolah akan melakukan entri data bagi yang sudah memiliki Format A01, untuk mendapatkan kode id verval level 1 berupa lembaran surat akun, yang nantinya akan diserahkan kepada para PTK untuk secara langsung membuka akun nya.

Secara keseluruhan keaktiifan suatu NUPTK ditandai dengan menyalanya tanda 4 bintang. Dengan melaksanakan langkah-langkah entri data PTK yang bersangkutan diantaranya melakukan Log in lalu pengisian soal-soal angket EDS untuk PTK atau Kepala Sekolah.

Di bawah ini akan kami sertakan contoh angket yang berisi soal-soal Evaluasi Diri Sekolah (EDS).

.

Pengajuan NUPTK Baru 2013

Melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI akan diterbitkan layanan khusus Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan Pengajuan NUPTK Baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.

Gambaran secara umum, mekanisme Pengajuan NUPTK Baru 2013 akan dilaksanakan dengan pengisian Formulir Pengajuan NUPTK Baru secara online langsung oleh PTK bersangkutan. Selanjutnya PTK mencetak isian Formulir Online tersebut dan dilengkapi syarat berkas dokumen lain untuk diserahkan ke Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat. Kunjungi untuk mendapatkan Formulir A05 klik di sini.


Login Padamu PTK

Sekedar Opini

Sejak era padatiweb dan dapodik.org yang keduanya ditutup resmi oleh Kemdikbud tahun 2011 lalu,

Selama tahun 2012 pihak Kemdikbud nampaknya berupaya keras membangun aplikasi-aplikasi pengganti yang dijanjikan lebih lengkap dan handal daripada padatiweb dan dapodik.org

Upaya tersebut mulai terwujud dimana mulai 2013 ini telah banyak bermunculan aplikasi-aplikasi terbaru baik yang basis online atau kombinasi online/offline, seperti: Dapodik Dikdas, PAS Online, PTK Dikmen, PTK Dikdas, Referensi Data PDSP, hingga Padamu Negeri.

Namun sayang dari beragam aplikasi yang muncul saat ini nampaknya belum terintegrasi satu dengan yang lain. Masing-masing berdiri sendiri tanpa ada interkoneksi satu dengan yang lainnya. Dampaknya para pengguna yang notabene di tingkat Dinas Pendidikan Kab/Kota dan Sekolah-Sekolah menerima dan mengoperasikan semua aplikasi tersebut dengan terpaksa atau sukarela.

Terlepas dari pro dan kotra reward bagi operator sekolah yang sering dipermasalahkan dari opini2 yang berseliweran di FB. Perlu disadari nilai – nilai positif dampak dari “wabah” aplikasi di Kemdikbud ini. Beberapa nilai positif dimaksud antara lain:
a. Secara langsung meningkatkan fungsi dan peran penting para Operator Sekolah di setiap sekolah saat ini.
b. Mendorong para kepsek dan guru untuk lebih aware dengan dunia TI (Internet).
c. Mendorong sekolah-sekolah untuk semakin memenuhi kebutuhan infrastruktur TI masing-masing.
d. Mempercepat aliran data, informasi dan komunikasi lebih terbuka, transparan dan cepat antar berbagai pihak.

Jadi meskipun saat ini beragam aplikasi yang tersedia masih bersifat independen nantinya akan terseleksi sendiri oleh pengguna mana yang dinilai lebih layak sebagai referensi layanan aplikasi skala nasional.

Selamat menikmati. (DAPODIK)

Sumber : PADAMU NEGERI

.

Dapatkan Jadwal Pencairan berbagai Tunjangan Guru Tahun 2014 dengan klik di sini.

log efullama 5_13

Categories: Angket soal-soal, EDS, Evaluasi Diri Sekolah, Format S04a S07a, Formulir PTK, Fungsional, NUPTK, Padamu Negeri Kemdikbud, Pemuktahiran Data NUPTK, Pendataan PTK, Pendidikan, Sekolah, Sertifikasi, Tunjangan, Uji Kompetensi Guru, Verval Lv | 8 Komentar

Navigasi tulisan

8 gagasan untuk “Padamu NEGERI

  1. Damar Wulan

    gimana klau input VerVal NUPTK secara online?
    saya pkir ini jga sangat membantu dan memudahkan….

    • setelah di cek n ricek ternyata untuk login lagi susah.
      ada catatan:
      Informasi lebih rinci terkait Tata Cara dan Petunjuk Teknis Pengajuan NUPTK Baru akan tersedia bulan Juni 2013

  2. Yuli

    Tolong kabari saya, tentang kepastian tgl untuk pengajuan NUPTK baru 2013…
    Terimakasih

    • untuk tanggal kemarin sudah ditentukan menunggu hingga tgl 3 Juni 2013, untuk info sudah ada PADAMU NEGERI tetapi kami belum mendapatkan pencerahan dari pihak Dinas Pendidikan secara khusus dalam melaksanakan langkah2 dalam pemuktahiran data NUPTKnya.
      maaf baru terblz, berhubung ada segala hal yang belum kami selesaikan waktu dekat ini.

  3. jiko

    Sehubungan dengan pengajuan NUPTK yang baru secara online bahwa saya mengalami kendala dan memohon bantuan dari admin pusat dalam pengisian untuk mengisi data di kolom Desa dan Kecamatan pada tahapan Verval Mengisi Data Rinci.

    Sekian dan terima kasih

  4. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  5. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: