Perangkat Instrument Akreditasi SD/M 2016

BAN SM Akreditasi 2016 by efullama.

PENGERTIAN PERANGKAT AKREDITASI

Perangkat akreditasi merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, terdiri atas:

  1. Instrumen akreditasi
  2. Petunjuk teknis pengisian instrumen akreditasi
  3. Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung
  4. Teknik penskoran dan pemeringkatan hasil akreditasi

Tujuannya melalui penjelasan dan diskusi tentang materi Perangkat Akreditasi peserta diharapkan memahami PERUBAHAN PERANGKAT sesuai hasil Review dan Ujicoba.

.

KRITERIA BUTIR PERNYATAAN INSTRUMEN AKREDITASI

  1. Dapat diukur (measurable).
  2. Tidak menimbulkan banyak penafsiran (non multi-interpretation).
  3. Merujuk aspek (standar) yang jelas (standard reffered).
  4. Tidak mengintegrasikan banyak aspek (double aspects).
  5. Butir instrumen yang satu tidak “meniadakan” butir yang lain.

.

DASAR HUKUM AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

  1. UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. PMA No. 90 Tahun 2013 tentang Penyelenggaran Pendidikan Madrasah
  4. Permendiknas No. 29/2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
  5. Kepmendiknas No. 064/P/2006 tentang Pengangkatan Anggota BAN-PT, BAN S/M, dan BAN PNF.
  6. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Islam No. SE.DJ.I/PP.00/05/2008 tentang Akreditasi Madrasah

.

FUNGSI AKREDITASI SD/M

  • Jaminan Mutu (Quality Assurance)
  • Pengendalian Mutu (Quality Control)
  • Peningkatan Mutu (Quality Improvement)

.

Catatan Penting tentang Akreditasi

  • Sampai saat ini masih terdapat 19% madrasah (untuk RA, 62%) dari jumlah total 70.414 madrasah yang belum terakreditasi;
  • Kelemahan utama dalam akreditasi adalah soal Sarpras dan PTK;
  • Data akreditasi versi EMIS dan BAN-S/M berbeda dan;
  • Status Akreditasi RA.

Maka untuk menuntaskan akreditasi madrasah sampai tahun 2016, sekurang-kurangnya 4500 madrasah harus diakreditasi BAP/UPA setiap tahun.

.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi berkas-berkas Perangkat Akreditasi Tahun 2016 (hasil Rakornas I 2014) di bawah ini:

.

Instrumen Akreditasi SD/MI disusun berdasarkan delapan komponen yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Instrumen Akreditasi ini terdiri dari 157 butir pernyataan tertutup masing-masing dengan lima opsi jawaban. Jumlah Butir dan Bobot Komponen Instrumen Akreditasi SD/MI untuk masing-masing komponen seperti ditunjukkan pada Tabel berikut:

Bobot komponen akreditasi

TANDA BUKTI BUTIR INSTRUMEN AKREDITASI

Instrumen Akreditasi SD/MI memuat 157 butir pernyataan, masing-masing memiliki bobot butir yang berbeda-beda tergantung dukungannya terhadap pembelajaran bermutu. Bobot butir pernyataan terendah adalah 1, dan bobot butir pernyataan tertinggi adalah 4.

Butir-butir instrumen tersebut harus dipersiapkan dalam melengkapi Penscoran Akreditasi sebagai tanda bukti kebenaran instrumen Akreditasi yang sudah sekolah isi dalam bentuk Scoring Evadir Sekolah, diantaranya (Klik pada nomor butir yang diinginkan) :

1. Standar Isi

Butir Instrumen No : 01    02    03    04    05    06     07    08    09    10   11   12   13   14    15     16    17   18

.

2. Standar Proses

Butir Instrumen No : 19   20    21   22   23    24    25    26   27   28    29

.

3. Standar Kompetensi Lulusan

Butir Instrumen No : 30   31     32     33    34    35     36    37   38    39   40     41    42    43   44     45   46

.

4. Standar Pendidik dan Tendik

Butir Instrumen No : 47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65

.

5. Standar Sarana dan Prasarana

Butir Instrumen No : 66   67   68   69   70   71   72   73   74   75   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90

.

6. Standar Pengelolaan

Butir Instrumen No : 91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101   102   103   104   105   106   107   108   109   110

.

7. Standar Pembiayaan

Butir Instrumen No : 111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135

.

8. Standar Penilaian Pendidikan

Butir Instrumen No : 136   137   138    139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155   156   157

.

Demikian semoga bermanfaat, akhir kata selamat berjuang. semoga Alloh swt memberi umur panjang serta sukses n lancar untuk kita semua. Aamiin.

 

 

Categories: Akreditasi 2016, Arsif, BAN SM Badan Akreditasi Nasional, Bedah soal-soal UKG, Butir Instrumen Akreditasi, Data Pendukung Akreditasi, EDS, EDS akreditasi, Evaluasi Diri Sekolah, info terbaru, Informasi pendidikan terbaru, Instrumen Sekolah, juknis akreditasi 2016, Kode barang, NISN, Pendataan PTK, Pendidikan, Pengetahuan, Perangkat Akreditasi, Permasalahan Guru Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, Profil, Program Pembelajaran, Sekolah, Validasi | Tags: , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: