Aplikasi SIM Guru Pembelajar UKG 2016

PENDAHULUAN

Icon Guru Pembelajar UKG 2016

Dalam rangka mewujudkan cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa dan visi Kemdikbud 2025 untuk “menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif (Insan Kamil/Insan Paripurna)”, tema pembangunan pendidikan nasional 2015-2019 difokuskan pada daya saing regional pendidikan dan kebudayaan.

.

Sudah tersedia modul-modul untuk GP Kelas Awal dan Kelas Tinggi
termasuk Aplikasi Video Call “Umeetme” di halaman terbawah …

membaca lengkap alur mendapatkan nilai raport UKG 2015

Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Renstra Kemdikbud) 2015-2019, menjabarkan bahwa sejalan dengan fokus tersebut, visi Kemdikbud 2019 adalah “Terbentuknya Insan serta Ekosistem Pendidikan dan Kebudayaan yang Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”. Untuk mencapai visi Kemdikbud 2019, misi Kemdikbud 2015-2019 dikemas dalam Misi: Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat (M1); Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan (M2); Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu (M3); Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa (M4); dan Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas Birokrasi dan Pelibatan Publik (M5).

Salah satu tujuan strategis untuk mencapai visi-misi Kemendiknas 2015-2019 adalah Penguatan Peran Siswa, Guru, Tenaga Kependidikan, Orang tua, dan Aparatur Institusi Pendidikan dalam Ekosistem Pendidikan (T1), dengan sasaran strategis berupa meningkatnya kualitas sikap guru dan tenaga pendidikan dalam kepribadian, spiritual dan sosial (SS3).

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian visi kemendikbud 2015-2019. Oleh karena itu, profesi guru harus terus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat.

Program Guru Pembelajar adalah program peningkatan kompetensi bagi guru yang melibatkan partisipasi publik meliputi pemerintah daerah, organisasi kemasyarakatan, orang tua siswa, serta dunia usaha dan dunia industri, dalam bentuk kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat), kegiatan kolektif guru, dan kegiatan lain yang mendukung.

Program diklat sebagaimana dimaksud dilaksanakan dengan menggunakan 3 (tiga) moda pembelajaran, yakni: tatap muka, pembelajaran dalam jaringan (daring), dan pembelajaran kombinasi antara tatap muka dengan pembelajaran dalam jaringan (daring kombinasi).

Pelaksanaan program Guru Pembelajar baik moda tatap muka maupun moda daring terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar (Sigelar). Sehubungan dengan pentingnya pengelolaan SIM tersebut, maka setiap UPT harus memiliki tim atau staf teknis yang mempunyai kompetensi dalam pengoperasian sistem, baik Sigelar, SIM Diklat Tatap Muka, Sistem Pembelajaran Daring maupun Sistem UKG.

.

PENGENALAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM)

GURU PEMBELAJAR

Raport UKG 2016

Fungsi SIM Guru Pembelajar

  1. Pengelolaan Akun Pengguna
  2. Pengelolaan Komunitas Guru dan Pusat Belajar
  3. Pengelolaan Kelas Diklat
  4. Pengelolaaan Peserta Diklat
  5. Pengelolaan Pengurus Diklat
  6. Pengelolaan Integrasi Kelas Diklat pada LMS
  7. Pengelolaan Riwayat Diklat Individu Guru (Portofolio)

Secara ringkasnya, nanti setiap individu guru yang sudah melaksanakan UKG 2015 dan dinyatakan sebagai peserta Guru Pembelajar akan diberi SIM berupa nama User dan Passwordnya untuk bisa akses/ login ke akun Pribadi Guru Pembelajar, yang memuat beberapa informasi dari mulai nomor peserta, nama, tempat tugas, nilai hasil UKG, kelompok kompetensi apa yang akan diikuti dan informasi-informasi individu lainnya.

.

Catatan 1:

Setiap individu guru diberi official email dengan domain@guruku.id

Contoh hasil UKG dengan nilai di bawah KCM (Kriteria Capaian Minimum), jenis modul pembelajaran yang akan diikuti ditunjukkan oleh kriteria bertanda merah.

Contoh Nilai Raport UKG 2015

Jumlah Peserta UKG 2015

DISTRIBUSI MODA GURU PEMBELAJAR

Dari data di atas peta kompetensi hasil UKG-nya pada tahun berjalan dengan nilai di bawah KCM (5,5) ditunjukkan oleh tabel:

Moda Guru Pembelajar Kriteria KCM

Skema Sistem Guru Pembelajar

.

Membuka Akun Guru, klik gambar menu di bawah ini:

Login Akun GP.

DASHBOR INDIVIDU GURU PEMBELAJAR

Dashbor Individu Nilai Raport UKG 2015

Selanjutnya setiap menu yang tertera di akun Guru Pembelajar harus dilaksanakan dan diisi dari awal sampai akhir secara berurutan selama kurun waktu yang telah ditentukan pada jadwal.

Guru Pembelajaran Daring selain dapat diakses melalui komputer/laptop juga dapat diakses melalui smartphone melaui aplikasi guru pembelajar daring berbasis aplikasi android dan ios

Cara Masuk SIM Guru Pembelajaran Mobile

Pada akhir pelatihan, akan di tutup dengan melaksanakan Tes Akhir Guru Pembelajaran (dengan istilah lainnya adalah UKG 2016) dengan waktu dan tempatnya menunggu informasi hasil koordinasi pihak Penjab PB dengan pihak TUK nya.

Catatan 2:

Jika terdapat satu dan lain hal yang menjadi  pertimbangan sehingga peserta harus beralih moda ke Tatap Muka, maka wewenang dan tanggungjawab untuk mengalihkan peserta tersebut diberikan kepada Dinas.

Moda Daring Kombinasi

DAFTAR MODUL UKG SD KELAS AWAL

Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar

.

DAFTAR MODUL UKG SD KELAS TINGGI 

Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar Modul Guru Pembelajar

.

Download aplikasi untuk Video Call Guru Pembelajar Online

melalui 36.66.4.19/download/ umeetme_webinstaller_1.0.2.22.exe

atau klik menu di bawah ini

.

Selamat malam para GPO semoga lagu ini dapat mengingat kembali
dalam Golden Memories beraktifitas menyelesaikan sesi-sesi dan portofolio.


.

Daftar Istilah pada Guru Pembelajaran

Sumber : Berkas-berkas Diklat Operator Pelaksanaan Pelatihan Guru Pembelajar

.

Wassalamu’alaikum.

 

 

 

Categories: Anies Baswedan, Aplikasi Guru Pembelajar, Arti Daring dan Luring pada Guru Pembelajar, Arti KCM adalah Kriteria Capaian Minimal, Arti Sigelar adalah Sistem Informasi Manajemen Guru Pembelajar, Bedah soal-soal UKG, Cara mendapatkan nilai raport UKG 2015, Daftar nama UKG 2016, FITUR GURU PEMBELAJAR MOBILE, info PTK, info terbaru, Informasi pendidikan terbaru, Informasi PTK, Kisi-kisi soal UKG 2014, Kisi-kisi soal UKG 2015, Kisi-kisi uji kompetensi kepala sekolah (UKKS), Kunci Jawaban dan pembahasan soal UKG 2015, Lembar Catatan Fakta PKG SKP, Macam-macam Guru Pembelajar (GP), Modul GP Kelas Awal/Bawah, Modul GP SD Kelas Tinggi, Modul Guru Pembelajar, Modul UKG, Modul-Modul A B C D E F G H I J, Peran Guru, SIM UKG 2015, SIM_Sistem Informatika Managemen, Uji Kompetensi Guru, UKG | 44 Komentar

Navigasi pos

44 thoughts on “Aplikasi SIM Guru Pembelajar UKG 2016

  1. Samsudin

    Hatur nuhun katampi pisan. Ieu rada ngedul babacaan FB.na
    sakali deui nuhun pisan sing janten amal sae.Wss.

  2. SUPAR DWI YATNA

    Kapan daftar guru peserta Guru Pembelajar diterbitkan ?
    Bagaimana dengan tempat pembelajaran?

    • Pelaksanaan GP nanti akan diinformasikan lagi lewat masing2 Penjabnya, dan kebetulan pelatihan Penjabnya pun untuk sebagian daerah baru akan dilaksanakan minggu depan…
      jadi setelahnya pelatihan Operator, lalu Tutor/IN, diteruskan Penjab, maka akan diadakan rapat perencanaan jadwal dan tempat pelaksanaan GP, setelah semuanya siap lalu akan disebarkanlah daftar Guru Peserta GP nya…

      • baiq sri wasih

        kalau mau cetak ulang pada registrasi akun bgm caranya pak tanpa harus ke admin krn repot untuk bolak balik ke admin tempat tinggal jauh

      • Harus ke Admin, karena mereka yang punya kode resetnya, kalau cara register ulangnya dibagikan, maka dikhawatirkan kacaunya data pada aplikasi karena ada orang yang tidak bertanggungjawab.
        kita menghubungi saja ke Penjab PB nya, biar Penjabnya yang ke Admin Kab/Pusat…
        Terimakasih untuk kunjungannya.

  3. BAMBANG KRISHNAENI

    Lau kapan………? akan dimulainya……….Pak

    • Nanti setelahnya semua jenjang selesai Diklat/pelatihan dari mulai Operator, Tutor/Mentor/IN, dan Penjab, (antar jenjang biasanya ada jeda kurang lebih 2 minggu). semua akan berkumpul lagi untuk merencanakan jadwal dan tempat pelaksanaan GP.. kalau udah OK baru disebarkan daftar nama peserta GP nya… untuk bulan Agustus ini masih diselenggarakan Diklat Penjabnya…

  4. mustafa

    bang epul ada kbr ttg plksanaanx ?

  5. mariyam

    wait and see….

  6. nandy

    siiiiiippp..
    ijin share….nggih

  7. Yogi Renaldi

    Pak. Apa maksuddari “Belum Menjadi Peserta Kelas”? Trmksh.

    • Belum terdaftar menjadi peserta untuk tahap sekarang ini, jadi semua peserta UKG 2015 akan melaksanakan GP cuman bertahap2 sesuai dengan formasi yang terdaftar di pusat/sistem.

  8. dwi

    ASSALAMMUALAIKUM PAK
    mau tanya, apakah kita bisa mengetahui oknum yang sudah membuka akun guru pembelajar kita, karena masalah cetak ulang-cetak ulang terus menerus?

    • Wassalamu’alaikum. tidak bisa bu.
      memang rentan sekali ada pihak yg menyalahgunakan akun, karena untuk registrasinya sangat mudah sekali. tapi ibu untuk mendapatkan akun GP yang sudah dibuka orang lain, bisa dilakukan dengan cara Reset akun, hanya ini dilakukan oleh pihak Admin Kabupaten/Kota. untuk laporannya dapat dikabari ke Penjab PB nya masing-masing Gugus/Kecamatan. setelah didapatkan kode akunnya sebaiknya diarsifkan lagi berupa file/foto/scann..

  9. santi

    hallo semua
    bagaiman cara mengubah data
    karna saya sudah mutasi ke sekolah lain

    terimakasih

    • datanya belum bisa dirubah lagi, karena pada dasarnya UKG 2016 ini adalah kelanjutan/remedial dari UKG 2015. dengan begitu datanya akan sama dgn data awal ketika pertama kali menjadi peserta UKG.

  10. NINIK SRI JUANTI

    Yang penting belajar terus ,dan semangat …..!!!

    • Alhamdulillah saya ngerti walaupun baru tahap awal

    • Iya ya . kita jadi pengajar, pendidik senantiasa harus terus meningkatkan mutu pembelajaran sehingga senantiasa harus banyak belajar menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber baik elektronik/BSE ataupun dari perpustakaan yang ada disekolah , sekarang pemerintah menggalakan banyak membaca sebelum pembelajaran di mulai

      • Sangat setuju sekali, program GPO sangat mendukung/mendorong agar para Pendidik secara tidak langsung membiasakan membaca, memahami, merealisasikan dan terampil pada teknologi, dengan catatan penting pengerjaan online nya dilaksanakan diluar jam mengajar sehingga proses KBM tidak terganggu.

  11. mas pur

    saya udah masuk kelas tapi ngak bisa dibuka

    • Maksudnya ngak bisa masuk akun, atau sulit terbuka point2 pembelajarannya…
      untuk hari ini akun GPO mengalami loading… itu dikarenakan untuk disebagian daerah/Kab sedang login secara serentak mengakibatkannya server mengalami …..

  12. kristin ani

    Terimaksih untuk semua informasinya , Pak untuk kegiatan Guslah guru pembelajar maksudnya bagaimana ?

    • Sama2… Kegiatan GP lewat KKG, itu sama merupakan salah satu program dari anggaran APBN cuman pesertanya adalah peserta UKG yang belum terundang dalam GPO baik Daring Kombinasi maupun Daring Murni. dengan Pusat Belajarnya pada lingkungan Gugus yang sudah terdaftar sebagai pelaksana PB. Kurang lebihnya itu yang dapat saya informasikan.

  13. Panji Wirasaba

    untuk cetak raport seperti di atas bagaimana caranya?

  14. Panji Wirasaba

    Ingin Tahu Bagaimana Cara Cetak Raport Seperti di Atas. Trims

    • membukanya lewat browser crom lalu tekan Ctr+P dan alamat printnya rubah ke pdf…
      kalau ada kesulitan langsung saja memakai tombol PrtSc, hanya ini harus diedit lagi di Jpg…

  15. kpn jadwal pendaftaran moda daring dan bagaimana caranya?tolong ya!

    • Jadwal pendaftaran dan undangan moda daring, itu bertahap sesuai sistem, hanya kita senantiasa cek tiap harinya dengan membuka akun GPnya dan melihat2 informasi yang tertera didalamnya.

  16. andi

    makasih atas lagu mu , saya takut buat dosa

  17. Adinda Kumalah Menanti

    ass.wr.wb mau tanya pak…kok Modul GP untuk TK yang Modu C nya gak bisa di download???

    • Wassalamu’alaikum. saya belum mengerti, apakah TK itu Taman Kanak2 atau Tingkat Kelas.
      untuk TK kami tidak menguploadnya, tetapi kalau Tingkat Kelas disini bagus ko, tidak ada kendala baik modul kelas bawah maupun kelas tinggi.

  18. assalamuálaikum pa epul, saya sudah dapat kelas tapi slalu trouble dalam jaringan dan pengisian…, apakah ini berpengaruh pada hasil capaian ? sampai batas waktu kapan harus selesai..? jika blm selesai pada batas waktu pengisian dfan penilaian.. apakah akan ditinggal..? dan harus bagaimana tindak selanjutnya..?

    • Wassalamu’alaikum. memang keadaan sinyal dan kemampuan servernya masih menjadi kendala besar bagi para peserta Guru Pembelajar Online (GPO), terutama jika kita berada dikawasan jauh dari jangkauan pemancar signal/tower, apakah berada di daerah pegunungan atau di daerah pantai, lebih2 jika yang masuk Akun GPO tersebut bersamaan pada satu waktu, wah udah repot…
      kita bisa meminimalisir gangguan loading tersebut dengan melakukan online di daerah yang banyak signal atau menggunakan wifi, atau bisa juga mengambil jadwal pada waktu orang lain kemungkinan tidak melakukan online GP…
      setiap sesi diberi waktu sekitar 1 minggu untuk menyelesaikan 10 JP, sebetulnya ini akan mencukupi kalau dilaksanakan dengan sinyal normal, dan kenyataannya banyak peserta dalam waktu 3 hari dapat menyelesaikan persesinya. sistem akan memberi batas waktu lagi pada sesinya, karena sesi ke 2 tidak akan terbuka kalau sesi yang pertama belum ceklis semua, dan begitu selanjutnya.
      sinyal yang buruk akan berpengaruh pada pencapaian, ini terjadi ketika kita sedang melakukan Tes Sumatif, karena walaupun servernya loading tetapi waktu sistem terus saja berjalan/masuk dalam hitungan. jika kesempatan tes sumatif ke 1 gagal, maka diberikan kesempatan lagi yang ke 2, ini harus dipersiapkan dulu…

  19. website yang lima jempol untuk sarana pembelajaran dan meningkatkan kompetensi guru…., namun bagi yang gaptek(termasuk saya). menambah grogi, bingung dan sedih tidak! pinter-pinter….hehe… ngaku pak….

    • Inti dari adanya aplikasi GPO adalah untuk meningkatkan kompetensi guru terutama bidang ilmu teknologi, banyak sekali menu dan halaman yang bisa dijadikan latihan2 tentang IT/komputer/leptop, diantaranya melancarkan mengetik, mengenal tombol/fungsi, cara mengkopy, mendownload, mengupload bahkan masuk ke video call, disamping didalamnya ada materi2 tentang ilmu pengetahuan dan cara mengajar..
      tetapi sayangnya dilapangan para peserta GPO yang diutamakan cara mendapatkan ceklist nya saja, tetapi bahan materinya kurang terfahami dan keterampilan mengetiknya tidak terlatih, ini akan berakibat buruk nanti pada saat melakukan UKG lagi..
      kalau ada, pada saat masuk ke akun GPO kita minta didampingi oleh yang bisa mengoperasikan komputer atau di sekolah ada para operator, sekedar untuk tekhnis saja, tetap yang mengetik dan yang mengisi tes itu harus kita sendiri, sembari latihan melancarkan… hehe..

  20. Khristian BP

    kapan dan gimana memulai

    • Pelaksanaan Guru Pembelajar (GP) dimulai setelah ada/menerima undangan dari GPO, tapi sebelum melihat ada tidaknya kita harus masuk dulu ke Akun GPO, yang passwordnya bisa didapatkan dari Penjab PB, Ketua Gugus atau Operator Sekolah yang ikut membantu meregistrasi pembuatan Akun GPO.

  21. Hamidah, S.Pd

    Assalamu alaikun pak Epul, kenapa setiap saya membuka SIM GPO ini selalu dibalas dengan userID password yang anda masukkan tidak sesuai. Padahal sebentar lagi saya akan UKG pak. Soalnya saya dari peserta Daring Murni, mohon bantuannya pak.

    • Wassalamu’alaikum wr.wb. jika sebelumnya userID dan password ibu dapat dibuka dan sekarang tidak dapat dibuka, ini mungkin saja karena salah mengetikkan kode tersebut, dicoba memasukkan kode userID dan paswordnya dengan kopi paste dari surat akun GPO nya tetapi harus teliti jangan sampai ada space yg terkopi, atau kalau ditiknya secara manual pastikan tombol Capslock nya sedang nyala atau tidak.
      kalau masih saja tidak masuk, maka segera hubungi operator Kab/Kota untuk mendapatkan akun GPO lagi (istilah operatornya “reset akun”).
      mudah2an dapat terbuka kembali.

    • ika wulanjari

      mau tanya nih ttg UKG… tempat TUK knp blm dapat konfirmasi ttg UKG, kalau untuk Kota Sukabumi kemanakah TUK saya… untuk daring murni SMK

      • Mohon maaf baru aktif kembali webnya, kalau di daerah kami untuk Daring Kombinasi (DK) suka ada informasi tentang jadwal UKG 1-3 hari sebelum pelaksanaan hari H, sedangkan untuk Daring Murni (DM) biasanya jadwalnya muncul lewat online akun GP ketika malam harinya bahkan sering kejadian munculnya disaat pagi2 pada hari H nya.
        tetapi untuk informasi2 DM tentang jadwal UKG dapat bertanya2 ke Pengampunya.
        Semoga sukses selalu….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: