Modul IPTEK

 MODUL PELATIHAN

PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN

CONTEN JARDIKNAS

——————– efullama ——————-

.

.

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan

Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran

Penulis: Drs. SUDIRMAN SIAHAAN, M.Pd

.
Modul pelatihan ini berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalamPembelajaran”. Yang menjadi fokus pembahasan adalah mengenai pemanfaatan potensiTIK untuk kepentingan pendidikan/pembelajaran. Materi pokok yang disajikan di dalammodul ini adalah (1) pemahaman tentang TIK, (2) komponen TIK, (3) potensi TIK dalampendidikan/pembelajaran, (4) fungsi TIK dalam pendidikan/pembelajaran, (5) dampakkemajuan TIK terhadap pendidikan/pembelajaran, dan (6) prinsip-prinsip pemanfaatan TIK.Dengan mempelajari modul ini diharapkan para peserta pelatihan memiliki pemahaman yangsama mengenai TIK dan termotivasi untuk memanfaatkan TIK secara terintegrasi dalamkegiatan pembelajaran.Setelah selesai mempelajari materi yang disajikan di dalam modul ini diharapkan pesertapelatihan dapat: (1) menjelaskan pengertian TIK, (2) menyebutkan komponen-komponen TIK,(3) menjelaskan potensi TIK, (4) fungsi TIK dalam pendidikan/pembelajaran, (5) dampakkemajuan TIK terhadap pendidikan/ pembelajaran dan (6) menjelaskan prinsip-prinsippemanfaatan TIK dalam kegiatan pembelajaran. Manfaat yang diiperoleh peserta pelatihansetelah selesai mempelajari modul ini dan mengikuti kegiatan pembelajaran secara tatapmuka adalah pengetahuan dan kemampuan untuk memanfaatkan TIK dalam kegiatanpembelajaran.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut di atas, pokok-pokok materi yang akandibahas di dalam modul ini dibagi ke dalam 2 Kegiatan Belajar, yaitu (1) Pemahamantentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), dan (2) Pemanfaatan Teknologi Informasidan Komunikasi (TIK) dalam Kegiatan Pembelajaran.  Lihat_selengkapnya–>
.

Log efullama 5_13.

Macromedia Flash 8 Professional

 oleh : Amal Jamaluddin
Macromedia Flash adalah program yang sedang populer sekarang ini untuk membuat danmemanipulasi grafik dan animasi.Sekarang namanya adalah Adobe Flash, yang sebelumnya dikenal sebagai Macromedia Flash.Software ini adalah salah satu program yang paling umum digunakan untuk membuat halaman webanimasi, video player dan aplikasi audio streaming. File flash berekstensi .SWF atau ShockwaveFlash, meskipun banyak jenis file lainnya yang dapat dilihat atau dimanipulasi dengan software ini.Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yangmerupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambarvektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak inimempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi AdobeFlash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang munculpertama kalinya pada Flash 5.Sebelum tahun 2005, Flash dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelahMacromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yangdiluncurkan di pasaran dengan menggunakan nama ‘Macromedia’ adalah adalah Macromedia Flash8. Pada tanggal 3 Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruhproduknya, sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.

SEJARAH FLASH   Lihat selengkapnya –>

.

.

Pembuatan Animasi

Dengan Macromedia Flash 8

Penulis: BAMBANG ADRIYANTO
.

Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untukmenjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengandiintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendirianimasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulitdihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanyamesin mobil atau proses terjadinya tsunami.Dengan tujuan memberi pengetahuan dasar tentang bagaimana membuat animasi kepadapara pengajar/guru modul Pembuatan Animasi dengan Flash 8 ini ditulis. Modul ini berisi 10kegiatan belajar yaitu:KEGIATAN 1 :

Mengenal Animasi
 KEGIATAN 2 :
Mengenal Flash 8
 KEGIATAN 3 :
Menggambar Bentuk Dasar, Menggunakan Warna, dan MengimporGambar
 KEGIATAN 4 :
Membuat Animasi Objek Bergerak
 KEGIATAN 5 :
Membuat Animasi Teks berubah Warna
 KEGIATAN 6 :
Membuat Animasi dengan Masking dan Path
 KEGIATAN 7 :
Memberi Suara pada Animasi
 KEGIATAN 8 :
Membuat Tombol Kontrol (play dan stop) untuk Animasi
 KEGIATAN 9 :
Membuat Animasi Proses Metamorfosis Kupu-Kupu
 KEGIATAN 10 :
Mempublish dan Mengekspor File.  FULL Lihat selengkapnya ->
Log efullama 5_13.
Kegiatan Belajar 7

Memberi Suara pada Animasi

TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat:
•  Mengimpor suara
•  Memasukan suara pada animasi
URAIAN MATERIA. Mengimpor Suara
•  Buka file animasi masking (ini untuk mempercepat tutorial)
•  Pilih  File > Import > Import to Library
•  Pilih file suara yang akan digunakan (pada tutorial ini kita akan menggunakan filesuara yang terdapat di direktori
C > Windows > Media > Windows XP Startup )
.
B. Mamasukan Suara pada Animasi
•  Buat layer baru pada Timeline, beri nama suara.
• Klik mouse diframe 1 pada layer suara.
• Pilih jendela Properties, pada kolom suara pilih Windows XP Starup
log efullama D1DBC71389F0C2FE5875AB8FB5CA7521.

Kegiatan Belajar 8

Membuat Tombol “Play n Stop”

untuk Animasi

TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat:
•  Membuat tombol
•  Mamberi action pada tombol
URAIAN MATERIA. Membuat Tombol
• Buka file animasi masking (ini hanya untuk mempercepat tutorial)
• Buat layer baru, beri nama Kontrol.
• Pilih Window
> Common Libraries > Buttons
• Pada jendela Library – Bottons, pilih Playbackrounded > rounded green play Klik mouse
dan geser gambar tombol yang muncul di stage. Aturletaknya pada bagian bawah stage.
• Pada jendela Library – Bottons, pilih Playback rounded.
.log efullama D1DBC71389F0C2FE5875AB8FB5CA7521.
Kegiatan Belajar 9

Membuat Animasi

Siklus Hidup Kupu-Kupu

Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat membuat animasi siklus hidupkupu-kupu dengan memanfaatkan tool pada Flash 8.
URAIAN MATERIA.
Menyiapkan File Baru
• Buat File baru dengan setting properties sebagai berikut.
• Kemudian buat empat layer pada Timeline masing-masing dengan nama, kupu-kupu,telur, ulat dan kepompong.
B. Membuat Gambar
• Pada frame 1 layer kupu-kupu beri gambar kupu-kupu(Anda dapat mengimpor atau membuat gambar sendiri).
• Pada frame 1 layer telur beri gambar telur.
• Pada frame 1 layer ulat beri gambar ulat.
• Serta pada frame 1 layer kepompong beri gambarkepompong.Kemudian atur agar posisi gambar sebagai berikut:
.
—————– efullama —————
.

Kegiatan Belajar 10

Mempublish dan Mengekspor File

TUJUAN
Setelah mengikuti kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat:
• mempublish file flash ke berbagai format lain.
• mengekspor image dan movie file flash ke format lain.
URAIAN MATERI
Flash 8 mempunyai kemampuan untuk mengekspor/mempublish file ke format lain, dengantujuan agar hasilnya dapat dijalankan tanpa tergantung software flash atau dapatdiintegrasikan dengan software lain.
A. Mempublish file
• Buka file yang akan di publish (sebagai contoh file kupu-kupu).
• Pilih File > Publish Settings
Pada jendela dialog yang muncul pilih:
Flash (.swf) apabila ingin mempublishfile yang berjalan denganmenggunakan flash player. File inidapat digunakan untuk diupload keinternet.
HTML (.html) apabila inginmempublish file dalam bentuk html.File ini dapat digunakan untukdiupload ke internet.
Gif Image (.gif) apabila inginmempublish file dalam bentuk animasigif. File ini dapat digunakan untukdiupload ke internet.
JPEG Image (.jpg) apabila inginmempublish file dalam bentuk fileimage/gambar dengan format JPEG. File ini dapat digunakan untuk diupload keinternet.   Lihat_selengkapnya hal.60  —>
.
—————– efullama ——————
.

Pengembangan Media Video/Televisi

Pembelajaran

oleh Drs. JAKA WARSIHNA, M.Si
.

Saat ini pendidikan di Indonesia sedang mengalami masalah yang cukup serius yaitumutu pembelajaran. Bicara mutu pembelajaran yang langsung berkaitan yaitu guru dansiswa. Sebenarnya masih banyak yang berkaitan dengan masalah tersebut yaitumanajemen Sekolah, orangtua, lingkungan sekolah, Pengawas, Dinas PendidikanKota/Kabupaten, Dinas Pendidikan Provinsi dan Depdiknas.Departemen Pendidikan Nasional yang bertanggung jawab mengelola pendidikansecara nasional di dalam Rencana Strategis (Renstra) tahun 2004 – 2009, telahmenggariskan beberapa arah kebijakan pembangunan pendidikan nasional, antara lain(1) mengupayakan pemerataan dan perluasan akses pendidikan, (2) peningkatan mutu,relevansi dan daya saing, serta (3) penguatan tata kelola, akuntabilitas, dan pencitraanpublik.Untuk mewujudkan yang telah digariskan di dalam Renstra tersebut, Pusat TeknologiInformasi dan Komunikasi (PUSTEKKOM) berdasarkan Keputusan Menteri PendidikanNasional Nomor 38 Tahun 2008 mempunyai tugas dan fungsi sebagai pengelolapemanfaatan teknologi informasi dan

komunikasi untuk pendidikan. Lihat_selengkapnya –>
.
log efullama D1DBC71389F0C2FE5875AB8FB5CA7521.

Pembuatan Media Presentasi

Microsof Power Point

oleh Drs. Kentu
.
Selamat bertemu melalui modul berjudul Pembuatan Media Presentasi ini. Materi utamayang dibahas dalam modul ini adalah langkah-langkah pembuatan media presentasi, yaituperencanaan, penulisan naskah, produksi, peer review
dan revisi serta finalisasi. Sebagaipenunjang, dalam modul ini juga diperkenalkan beberapa perangkat lunak (software aplikasi)

yang dapat digunakan serta prinsip-prinsip dasar pembuatan media presentasi.Dengan mempelajari modul ini diharapkan Anda mampu mengembangkan/membuat bahanpresentasi yang menarik dan efektif untuk pembelajaran. Lebih dari itu, diharapkan jugaAnda akan dapat menularkan kemampuan Anda itu kepada teman-teman Anda sesama guruyang menjadi sasaran akhir pelatihan pemanfaatan TIK.Pembahasan materi dalam modul ini disajikan secara singkat, hanya merupakan garis besarsaja. Pada saat Anda menjadi tutor, diharapkan Anda dapat mengembangkannya sendirisesuai dengan kebutuhan dan kondisi peserta pelatihan di lapangan. Penyajian materi modulini dilandasi asumsi bahwa Anda telah memiliki kemampuan dasar dan pengalaman dalampembuatan media berbasiskan komputer.

.
.

Pembuatan Bahan Belajar Berbasis Online

Penulis:SLAMET RIYANTO, S.Kom
.

Sebagian orang sangat bergantung terhadap internet untuk berbagai keperluan seperti:transaksi online, belanja online, pendidikan, komunikasi, hingga penyediaan bahan belajarbagi siswa maupun mahasiswa secara online. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaaninternet sangat mendukung manusia dalam melakukan berbagai aktifitas. Banyak hal yangdapat dilakukan melalui internet yang tidak dibatasi oleh ruang, waktu, wilayah, bahkannegara.Dengan memperhatikan banyaknya keuntungan yang dapat dipetik dari perkembanganteknologi internet, sudah seharusnya dunia pendidikan juga memanfaatkan teknologitersebut untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar. Apalagi media pembelajaran saat initidak hanya bertumpu pada teks dalam bentuk buku, majalah, koran, maupun bahan cetaklainnya, namun sistem pembelajaran sudah memanfaatkan berbagai media seperti: gambar,animasi, suara (audio), dan video.

Bahan belajar dalam bentuk teks dan gambar masih dapat disebarluaskan melalui produkcetakan seperti buku, majalah, koran, dan produk cetakan lainnya. Yang menjadi persoalanadalah bahan belajar dalam bentuk animasi, suara dan video tidak dapat disebarluaskanseperti halnya teks dan gambar. Perlu sebuah tools yang dapat menjalankan animasi, audiodan video tersebut agar informasi dapat diserap oleh pengguna.
.
.

Pembuatan Media Audio Pembelajaran

Penulis:PUJI RAHARJO, A.Md
.
Selamat berjumpa dengan modul berjudul “Pembuatan Media Audio Pembelajaran”. Modulini merupakan salah satu modul dalam Pelatihan Pembuatan Bahan Belajar Berbasis ICT.Modul ini berisi materi-materi tentang apa itu media audio pembelajran, prosedur pembuatanmedia audio pembelajaran, dan memperkenalkan peralatan produksi media audio.Modul ini terbagi menjadi tiga kegiatan belajar, dengan harapan akan memudahkan pesertapelatihan untuk memahami materi yang disajikan. Kegiatan Belajar pertama akan mengajakpeserta pelatihan untuk mengenal karakteristik media audio, mengenal media audiopembelajaran, dan mengetahui prosedur pembuatan media audio. Kegiatan belajar kedua,diuraikan materi tentang pengenalan peralatan produksi media audio. Sedangkan padakegiatan belajar ketiga, peserta pelatihan akan lebih banyak melakukan praktek,mempelajari bagaimana membuat rekaman sederhana dengan komputer menggunakanbeberapa software aplikasi seperti sound recorder dan software audio editing lainnya. Lihat_selengkapnya–>
.
.

Pengembangan Bahan Belajar

Berbasis Web dengan Dreamweaver

oleh : Andi Sulistiyono, S.Kom.
.
Navigasi / Hyperlink
Berfungsi untuk memanggil halaman lain yang terkait baik dalam satu alamat webtersebut atau ke alamat web lain.
Alignment
Align attribute digunakan untuk menentukan perataan object dalam documentHTML baik berupa text, object, image, paragraph, division dan lain-lain.

HTML

1. HTML
Setiap document HTML harus di awali dan di tutup dengan tag HTML
<HTML> </HTML>
tag HTML memberi tahu browser bahwa yang di dalam kedua tag tersebut adalahdocument HTML.
2. HEAD
Bagian header dari document HTML di apit oleh tag <HEAD></HEAD> di dalam bagianini dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser.
<HEAD><TITLE> </TITLE></HEAD>3. BODY
Document body di gunakan untuk menampilkan text, image link dan semua yang akandi tampilkan pada web page.
<BODY> </BODY>  Lihat_selengkapnya–>
.
Log efullama 5_13.

Tambahkan Thema pada Browser Mozilla

Firefox sekarang sudah sampai pada tahap  generasi baru web browser yang paling disukai oleh rata² professional yang membutuhkan performa dan tampilan yang menarik. Perubahan besar yang kelihatan banyak saya temukan terdapat pada bagian GUI (graphic user interface). Tampilan firefox hampir sangat mirip dengan dengan opera bahkan bisa hampir dikatakan serupa, ini bila dilihat pada bar sebelah kiri atas dan juga tampilan tab.

Sedangkan untuk status bar firefox ini seperti contoh dari browser google chrome. Ini bisa dilihat jika sedang browsing sebuah situs status bar kecil akan terlihat dilayar bagian bawah kiri dan kemudian akan hilang setelah halaman terbuka sempurna. Navigasi dan manajemen bookmarks sekarang menjadi lebih mudah dibanding versi firefox sebelumnya.

sebagai contoh thema efullama:

.
2 Komentar

2 thoughts on “Modul IPTEK

  1. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  2. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: