Aplikasi One For All _Raport K13 untuk Guru Kelas 1_6

Assalamu’alaikum.
Alhamdulillah setelahnya melakukan uji coba dan revisi selama beberapa semester, akhirnya Aplikasi Raport K13 One for All artinya cukup satu file untuk semua format penilaian ulangan/ujian oleh Guru Kelas (untuk Kelas 1-6 sebanyak 12 rombel, Semester 1&2, Taraf Serap, Daftar Ranking otomatis), dapat diselesaikan dengan beberapa perubahan yang lebih disederhanakan kembali.
Aplikasi Raport K13 yang kami buat terdiri dari 2 file yang berfungsi terpisah tetapi hasilnya dapat diintegrasikan satu sama lainnya, yaitu
1. Aplikasi Raport K13 untuk Guru Mata Pelajaran, Mapel PAI, PJOK, Bahasa Inggris dan Mulok pada Semester 1 & 2. (tutorial klik di sini )
2. Aplikasi Raport K13 untuk Guru Kelas dari Kelas 1 s.d. 6 sebanyak 12 rombel (Kelas A dan B) Semester 1 & 2.

PEMBAHASAN APLIKASI NOMOR 2

Pada kesempatan ini kami akan membahas dan membagikan Aplikasi Raport K13 untuk Guru Kelas 1 – 6, yang dikemas dalam 1 file saja, dengan kapasitas untuk 12 rombel dan periode semester 1 & 2 serta dilengkapi dengan taraf serat dan sistem daftar ranking yang sudah otomatis tersusun.  Aplikasinya adalah sebagai berikut :
Open file Aplikasi Raport K13 Mapel yang sudah di downloads (menu unduh ada pada halaman terbawah), tunggu beberapa saat hingga muncul halaman menu Home, klik menu-menu ID Website EfullAma jika muncul di halaman tersebut.

1. Halaman HOME

Menu Home terdiri dari 5 kelompok menu, diantaranya menu Identitas Sekolah, Input Data, Input Nilai KI.1-4 dan Data Output.

a. Menu Identitas Sekolah

Dimulai dari nama_sekolah, pada aplikasi kami sudah menuliskan daftar nama-nama sekolah yang ada di Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut ada 52 sekolah, jika kita berada pada wilayah tersebut kita tinggal klik menu segitiga kecil lalu pilih nama sekolah kita sendiri, jika di klik maka untuk kolom NPSN pun akan otomatis terisi.
sedangkan untuk sekolah di luar Kecamatan Cisurupan, kita dapat mengisi dulu nama sekolah dan NPSN nya dengan terlebih dahulu klik menu TUTORIAL yang ada di sebelah pojok bawahnya.

pada halaman_tutorial berisi tata cara atau penggunaan Aplikasi Raport K13 untuk Guru Kelas, ada 6 point, terkait dengan nama sekolah yang belum terdaptar di Home maka kita isikan pada point 5 di atas dengan mengetik langsung nama_sekolah dan NPSN nya, jika selesai maka kita kembali lagi ke awal dengan mengklik Menu Home.
Pada halaman Home, kita klik lagi kolom nama_sekolah lalu kita pilih sekolah yang terletak pada urutan terbawah (untuk sekolah yang baru), jika sudah maka kolom NPSN pun akan otomatis terisi.

b. Menu Identitas Kepala Sekolah dan Guru

kolom nama_kepala_sekolah, ini diambil dari data yang di entri pada menu PTK (di bawah menu Input Data), jika sudah di klik maka akan keluar halaman yang berisi tabel untuk daftar nama kepala sekolah dan guru lainnya.

di atas hanya sebagai contoh saja, jika sudah selesai diisi maka kita klik lagi menu Home, lalu pada halaman Home kolom nama kepala sekolah kita klik dan pilih daftar nama KS nya dan nantinya kolom NIP/NUPTKnya akan terisi otomatis.

kolom nama_kelas/semester, menu ini diisi dengan nama tingkat Kelas 1-6 dan Rombel A/B yang diampu sekaligus dengan tingkat semesternya ganjil atau genap.

kolom tahun_pelajaran, ini penting diisi dengan tahun pelajaran yang sedang berjalan, karena ini berpengaruh terhadap indikator status_aplikasi (lihat bagian pojok atas kanan), akan dijelaskan lagi pada menu status_ready.

kolom nama_guru_kelas, pengisiannya sama seperti pada kolom nama_kepala_sekolah, jika pada menu PTK nya sudah di isi, maka akan otomatis pada saat di klik kolom nama_guru_kelas nya akan muncul daftar nama Kepala Sekolah dan nama guru lainnya, dan jika di klik salah satunya maka untuk kolom NIP/NUPTK pun akan terisi otomatis.

c. Menu Alamat Sekolah

kolom alamat_sekolah, ini berisi nama kampung/jalan, desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi PTK yang bersangkutan.

kolom tanggal_raport, di isi dengan nama tempat dan tanggal pembagian raport pada semester tersebut.

d. Menu Codreg

kolom app_product_by, di isi dengan nama pembuat aplikasi ini dengan nama EfullAma.

kolom password_token, di isi dengan password/token yang sudah dikonfirmasikan kepada Admin, dengan catatan memberikan komentar (tik nama sekolah dan NPSN saudara) pada kolom komentar halaman ini atau pada Fb tetapi terlebih dahulu mengklik menu SUBSCRIBE Chanel YouTube Cctv EfullAma, setelahnya terbaca oleh Admin, maka jawabannya akan langsung di tik pada kolom komentar video/website/Fb tersebut.

sebagai input percobaan dapat memakai dulu SDN 1 Balewangi, lalu entri nilai-nilainya dan lihat hasilnya jika memuaskan/bermanfaat dapat menghubungi lagi kami untuk mendapatkan passwordnya.

untuk melihat hasil penilaian di menu rekap tabel bila masih kosong, maka pada menu Kosongkan Tabel dihilangkan tanda ceklish (V) nya

e. Menu Status Ready

Hal yang penting terkait menu status_aplikasi yang terdapat (disebelah pojok atas kanan), ini terkait dengan data isi pada kolom tahun_pelajaran, app_product_by dan password_token, jika pada salah satu kolom tersebut ada yang belum sesuai maka akan muncul Status : belum update, jika semuanya sudah benar dalam mengisinya maka akan muncul Status : Ready.
jika statusnya belum update maka kemungkinan besar nilai yang kita masukkan akan disembunyikan pada halaman menu Output Data atau Rekap Nilai atau Cetak Raport, sehingga kita akan mencetak nilai tersebut dengan format tabel yang kosong walaupun kenyataannya nilai siswa perkelasnya sudah diisi sebelumnya (disembunyikan).

2. Kelompok Menu INPUT DATA

a. menu PTK, sudah dijelaskan di atas (point 1.b)

b. menu PD_dapodik, ini berisi daftar nama peserta didik dari kelas 1.A.B s.d. 6.A.B (ada 12 rombel)

 

kami lampirkan jumlah baris untuk 50 nama siswa/kelas, jika pada sekolah saudara misalkan kelas 1 atau yang lainnya hanya 1 rombel maka kita tinggal isi saja nama-nama siswa tersebut di rombel A saja contohnya kelas 1.A, untuk kelas 1.B nya dikosongkan/abaikan.
di dalamnya dilengkapi pula menu data absensi, menu rombel kelas ( jika kita klik salah satu menu Rombel Kelas maka kursor akan dipindahkan ke tabel robel kelas tujuan), jumlah siswa laki-laki, perempuan dan jumlah total siswa pada kelas tersebut. untuk judul tabel yang berwarna merah itu tidak dipakai untuk lembar Biodata Siswa (point 5.d) artinya dapat diisi maupun dikosongkan.

perlu diperhatikan jika kita akan melakukan copy paste nama siswa dari file dapodik, maka kita harus menggunakan menu copy paste value (icon 123), karena jika tidak memakai menu tersebut maka dikhawatirkan nantinya tabel tersebut akan terprotect/tidak dapat diisi/edit nama siswa lagi.

c. menu biodata_siswa, berisi rangkuman data siswa yang sedang diampu (data otomatis), kecuali untuk nama pendidikan siswa sebelumnya (kolom kuning), diisi apakah siswa tersebut dari Paud, TK atau Rumah Tangga.

d. menu absensi_kelas, merupakan data pelengkap absensi yang berupa keterangan tentang kegiatan ekstrakurikuler (nama mapelnya diisi pada menu KKM /point 2.e), kehadiran siswa, ukuran tinggi dan berat badan, kondisi kesehatan, data prestasi dan data siswa lainnya.

untuk jumlah peserta pada kelas tersebut sudah otomatis terlihat jumlah siswa laki-laki maupun perempuannya.

e. menu KKM, berisi daftar nilai KKM untuk kelas/rombel yang sedang diampu pada Semester ganjil & genap.

jika yang sedang diampunya kelas bawah maka otomatis untuk mapel IPA dan IPS akan hilang, dengan begitu untuk kolom nilainya pun sebaiknya dikosongkan juga (jangan diisi dengan tanda baca ). termasuk semesternya ada yang ditulis dengan kata “ganjil / genap” ada juga dengan angka romawi “I / II” itu maksuknya untuk menunjukkan semester yang sedang berlangsung/aktif maka akan terlihat dengan kata “ganjil / genap“.

nilai KKM ini berfungsi untuk menentukan kriteria nilai A, B, C atau D pada raport juga sebagai nilai indikator tercapai/tuntasnya hasil belajar siswa. di bawah sebagai contoh:

 

untuk mata pelajaran Mulok dapat diisi secara manual, termasuk juga untuk kolom mapel Ekstrakulikuler sekolah, diisi yang nantinya akan tersambung ke menu absensi_siswa (point 2.d).

f. menu daftar_KI KD_K13, berisi kumpulan deskripsi Kompetensi Dasar (KD) untuk seluruh mata pelajaran yang ada di Kelas 1 s.d. 6, Semester 1 & 2.

menu ini dapat dirubah/diedit kembali dengan catatan jika menggunakan menu copy paste maka harus memakai menu copy paste value (123) sehingga halaman tersebut terlepas dari protect otomatis.

 

di atas adalah sebagai contoh halaman yang sedang aktif yaitu mapel Bahasa Indonesia untuk Kelas 4 (angka berwarna merah, berarti halaman KD yang lagi dilihat), kita dapat berpindah secara cepat dengan mengklik menu-menu angka kelas dan menu mata pelajaran.

g. menu pemetaan_KD, berisi pemetaan dengan memberikan tanda ceklist ( V ) pada KD Mata Pelajaran perkelas yang akan digunakan pada Semester tersebut.

 

di atas adalah sebagai contoh pemetaan KD dari kelas 1-6 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Semester 1&2. tetapi jika kita hanya memegang 1 kelas saja, maka kita tinggal mengisinya pada kolom kelas yang bersangkutan saja.
pemetaan tersebut dapat dirubah sesuai dengan keberadaan nomor KD yang digunakan pada masing-masing kelas tersebut.

sebagai informasi pemetaan mapel PAI di atas masih ada perbedaan antara pemetaan KD dari Dinas Pendidikan (langsung di cut dibagi 2 kelompok KD) dan dari Kemenag (disesuaikan dengan urutan KD yang dipakai/terdapat pada buku paket).

3. Kelompok Menu Daftar Nilai Kompetensi Siswa

Merupakan tabel berupa format isian nilai kompetensi (lihat gambar) untuk KI.1 (Spiritual), KI.2 (Sosial), KI.3 (Pengetahuan) dan KI.4 (Keterampilan) untuk semua Mata Pelajaran yang sedang diampu pada kelas tersebut.

a. untuk KI.1 & KI.2 diisi dengan skala nilai 1-4 pada kolom kriteria Sikap (pilih salah satunya), apakah SB (sangat baik) atau PB (perlu bimbingan), jika kolom tersebut tidak diisi maka aplikasi akan otomatis memberikan nilai sikap kriteria B (baik). lebih jelasnya kita melihat pada kolom Deskripsi Raport nya.

b. untuk KI.3 & KI.4, kita isikan nilai dengan skala 50-100 masing-masing pada kolom yang berisi nomor dan narasi KD nya (lihat judul tabel). Nomor/narasi KD tersebut muncul dikarenakan kita sudah memberikan tanda ceklis (V) pada nomor KD tersebut di menu pemetaan_KD (lihat point 2.g), lalu isikan pula nilai pada kolom nilai_PTS dan nilai_PAS.

 

c. untuk KI.4 hampir sama dengan KI.3 hanya bedanya untuk sementara kolom pada KI.4 otomatis terisi sesuai dengan nilai yang diisikan pada kolom KI.3 tetapi jika memang nilai untuk kolom KI.4 nya berbeda, kita dapat secara langsung mengetikkan nilainya pada kolom tersebut.

 

sebagai contoh di atas terlihat daftar nilai KI.3 & KI.4 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan nilai KKM :72. begitupun untuk menu mata pelajaran yang lainnya.

d. menu Daftar Mata Pelajaran, dari mapel PAI s.d. PLH merupakan menu untuk berpindah ke halaman KI.3 sampai dengan KI.4 pada mata pelajaran yang bersangkutan.

5. Kelompok Output

a. menu rekap_deskripsi, merupakan daftar rekap nilai siswa dengan deskripsinya untuk nilai KI.1, KI.2, KI.3 dan KI.4. halaman ini oleh Admin digunakan sebagai sumber nilai untuk halaman rekap_nilai_ranking, tarap serap, termasuk untuk cetak_raport perkelasnya.

b. menu rekap_nilai&rank , merupakan halaman yang berisi rekap daftar nilai siswa dari nilai KI.1, KI.2, KI.3 dan KI.4, dilengkapi pula dengan daftar_rangkingnya pada kolom Keterangan.

pada nilai KI.3 & KI.4 berisi nilai-nilai tiap mata pelajaran kelas tersebut, serta jumlah ketidak hadiran siswa pada semester tersebut.
Jika daftar nilai pada masing-masing mapel sudah terisi tetapi di sheet rekap tabelnya masih kosong, maka pada menu Kosongkan Tabel (sebelah kiri bawah) dihilangkan tanda ceklish (V) nya

keterangan lebih lengkapnya ada pada video App Raport K13 untuk Mapel (masih proses) chanel Cctv EfullAma.

c. menu sampul_raport, berisi cover/jilid dari daftar laporan hasil capaian kompetensi peserta didik untuk tahun pelajaran dan semester tersebut.

 

untuk posisi logo kabupaten atau lembaga, dapat digeser ke tempat yang sesuai.

d. menu data_raport, berisi identitas peserta didik (diambil dari menu PD-dapodik (point 2.b), dilengkapi juga dengan cover raport siswa tersebut.

e. menu cetak_raport, terdapat 2 menu untuk mencetak raport yaitu kelas tinggi (jika kelas yang diampunya kelas 4-6) dan kelas bawah (untuk kelas 1-3). klik menu kelas yang muncul dibawah menu cetak_raport.

di atas sebagai contoh raport untuk kelas 4.A (maka yang muncul di halaman Home adalah menu kelas_tinggi. (klik di sana)

untuk mencetak raport tersebut kita klik dulu menu segitiga kecil atas bawah, contoh di atas ada nomor 1, itu menunjukkan kita akan mencetak raport siswa pada absen ke 1 yaitu bernama Rahman Mubarok, setelah selesai kita klik menu segitiga kecil tombol atas, maka nomor absennya akan berubah menjadi 2, lalu kita print lagi raport siswa tersebut, dan seterusnya.

f. menu tarap_serap, merupakan halaman untuk mencetakk nilai ketuntasan belajar dan tarap serap kurikulum pada kelas yang bersangkutan. untuk sumber nilainya diambil dari KI.3 (Kompetensi Pengetahuan).

g. menu TUTORIAL, sudah dijelaskan pada point 1.a

 

Demikian penjelasan singkat tentang cara pengisian Aplikasi Raport K13 One For All untuk Guru Kelas dari Kelas 1 s.d 6 (12 rombel) Semester 1 & 2, dari mata pelajaran PAI BP sampai Muatan Lokal lainnya, termasuk cara cetak laporan nilai raport (lihat point 5.e). semoga memberikan manfaat yang besar bagi bapak/ibu Guru semuanya.

 

Informasi file Aplikasi ini berkapasitas 65 MB sehingga saat melakukan Open file akan menunggu sedikit lama (jika terjadi no_respont maka kita coba Open file lagi), apalagi jika mengaktifkannya pada sebuah Notebook/Hp terkadang terjadi no_respont/error.

Dapatkan berkasnya di sini

Drive Cctv EfullAma

Demikian atas perhatian saudara kami ucapkan terimakasih.

.

.

Logo icon meme berprestasi efullama 2014

Categories: Akreditasi 2016, Aplikasi excel, Aplikasi Guru Pembelajar, Aplikasi Raport K13, Aplikasi Raport K13 untuk guru mata pelajaran, Aplikasi raport untuk Guru Kelas, Bedah soal-soal UKG, Cara mendapatkan nilai raport UKG 2015, cara mudah mengolah nilai ijajah, efullama, Hasil Tes, Kisi-kisi, Kisi-kisi soal, Kurikulum, Kurikulum 2013, Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah, Nilai rata-rata raport, Pendidikan, Pengolahan nilai raport praktis dan cepat, pengolahan nilai ujian sekolah, Perangkat Akreditasi, Petunjuk teknis, surat keterangan kelulusan ujian SD, Tak Berkategori, Tips & Trik | Tag: , , , | 36 Komentar

Navigasi pos

36 thoughts on “Aplikasi One For All _Raport K13 untuk Guru Kelas 1_6

  1. Acep

    Terimakasih pak epul.
    Kalau kita melakukan pengisian langsung di nilai akhir untuk raport bisak tidak pa?

    • kalau berdasarkan aplikasi, itu bisa saja dilakukan cuman untuk idealnya nilai raport itu berdasarkan dari beberapa aspek penilaian (NH, PTS, PAS, sikap) karena ini menentukan pula terhadap naskah deskripsi nilainya.

      untuk passwordnya sudah didapatkan belum.
      jika belum tuliskan saja nama dan npsn sekolahnya di sini.

      terimakasih untuk kunjungannya

  2. AluhLacuk Channel

    SDN 2 BUKIT BARU , 30311651

  3. AluhLacuk Channel

    kenapa ya naskah deskripsi nya tidak sesuai,kira2 dimana kesalahan nya,padahal sudah saya isi dari awal sesuai tutorial

    • Maaf baru aktif, itu mungkin dikarenakan untuk passwordnya belum sesuai dengan identitas nama sekolah yang di entri…

  4. Lilis Rohaeni

    sdn 085 ciumbuleuit 20245142

    • sebelum passw digunakan, dipersilahkan file app raport nya di download kembali untuk mendapatkan file terbarunya.
      terimakasih untuk kunjungannya.
      Password untuk SDN 085 adalah 420i12

  5. Restu

    SDN 1 Rahong 20601929

  6. Sa'id Sa'ban

    SDN 6 SEPIT
    NPSN: 50202539

  7. yaya mohon untuk dikirimi password NSP SD saya 665098

  8. Ika Puspita

    SDN 25 BETUNG 10644699

  9. Ika Puspita

    SDN 25 BETUNG NPSN 10644699

  10. Fathurrahman

    SDN PABEAN

    20606168

  11. megawati

    SDN 031 BANU-BANUA
    NPSN 40600574

  12. SD NEGERI SITUPETE
    NPSN 20220522

  13. Pontang 2

    Selamat sore Pak

    Punten sebelumnya saya telahmengunduh app yang ad d sini akan tetai sya tdk bisa merubah Nama SD, Siswa dll mhon arahan

  14. Muhammad yusra

    SDN 186 PEKANBARU
    NPSN : 69758827

Tinggalkan komentar