AL QUR’AN

animasi asmaulhusna by efullama

IQRO

.

  • Play efullamaAl-Qur’an 
  • Membaca dan mendengarkan lantunan ayat-ayat Illahi.
  • Play efullamaAl-Qur’an
  • Membaca, mendengarkan dan memahami artinya.

.

Sesungguhnya, Al Qur’an merupakan kumpulan wahyu atau perkataan Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, sebagai pedoman hidup bagi ummat Islam agar selamat dunia dan akhirat:

 “Kitab (Al Qur’an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,” [Al Baqoroh:2]

 Agar kita bisa mendapat atau memahami dan kemudian mengamalkan petunjuk tersebut, tentulah kita harus terlebih dulu membacanya. Oleh karena itulah, ketika Jibril membawa wahyu Allah yang pertama, maka wahyu itu tak lain adalah perintah untuk membaca:

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang Menciptakan.”

(Al ‘Alaq:1)

 Dalam ayat lain, ditegaskan Allah bahwa kita diperintahkan untuk membaca kitab suci Al Qur’an agar kita tidak tersesat dari tipu daya orang-orang kafir dan munafik yang berusaha menyesatkan manusia:

 

“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Qur’an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.” [Al ‘Ankabuut:45]

 “…. Dan bacalah Al Qur’an itu dengan perlahan-lahan.”

[Al Muzzammil:4]

.

Dalam kehidupan sehari-hari

Membaca Al-Qur’an membuat hati kita tenang, membaca buku membuat kita kaya ilmu, membaca peristiwa menjadikan kita lebih bijaksana.”

.

Judul di atas penulis ambil dari ayat Al-Quran yang pertama kali turun. Sebuah perintah yang patut kita renungkan bersama bahwa betapa pentingnya kegiatan membaca. Membaca  adalah sebuah kegiatan awal untuk memahami sesuatu dan mengambil manfaat dari sesuatu yang dibaca tersebut. Membaca buku, berarti kita akan memahami isi yang terkandung di dalam buku tersebut dan mengambil pengetahuan di dalamnya. Membaca Al-Qur’an berarti kita berusaha mengetahui pedoman hidup yang diajarkan Tuhan kepada para hamba-Nya.  Membaca peristiwa, membuat kita mengerti tentang arti dan hikmah yang terkandung di dalam peristiwa tersebut untuk kemudian kita jadikan pengalaman yang akan menjadikan diri kita lebih baik di masa yang akan datang.

.

Klik di sini untuk membaca dan mendengarkan ayat-ayat Al Qur’an.

.

Kunjungi pula di sini untuk BERWISATA KE MEKAH dengan menampilkan gambar 3D Mesjid dan tempat-tempat beribadah Haji lainnya.

Semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Logo icon meme berprestasi efullama 2014

7 Komentar

7 thoughts on “AL QUR’AN

  1. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  2. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

  3. Ping-balik: Link Operator Sekolah | efull@ma

  4. ass…..bgm buat blog ini pak sangat variat gaya dan isinya

    • Wa’alaikum salam. Alhamdulillah atas motivasinya. Blog ini didukung oleh bloger yang memang mencintai ilmu pendidikan baik agami maupun formal.
      Alhamdulillah. terimakasih juga atas kunjungannya.

  5. Aep Saepudin

    Semoga saya dapat berkah dari blog ini, ingin saya bisa, mudah2han Kang Eful bisa share terus ilmunya, Biar ilmunya jadi amal shaleh dan amal jariyah, BarakaAllahu fiik

Tinggalkan komentar