Kisi-kisi dan Soal UTS Kurikulum 2013

Penulisan Instrumen Penilaian/Soal

Mengingat bahwa: (a) indikator (pencapaian kompetensi) merupakan jabaran dari kompetensi dasar yang dirumuskan lebih operasional, dan (b) penguasaan tiap siswa pada tiap kompetensi dasar harus dinilai, maka indikator (pencapaian kompetensi) dapat dijadikan acuan/panduan dalam membuat indikator penulisan instrumen untuk menilai penguasaan kompetensi siswa.
Kriteria indikator penulisan instrumen penilain yang baik:
a. Memuat ciri-ciri dari kompetensi dasar yang hendak diukur
b. Memuat satu (untuk instrumen bentuk obyektif) atau lebih dari satu (instrumen bentuk uraian) kata kerja operasional yang dapat diukur.
c. Dapat dibuatkan instrumennya

.

Contoh Penerapan Penilaian Autentik untuk Pembelajaran di SD

Berikut ini merpakan salah satu contoh bagaimana mengembangkan penilaian pada pembelajaran di SD dengan mengambil salah satu pemetaan indikator pada buku guru.

Kelas/Semester               : IV/2
Jenjang                      : SD
Tema/SubTema/Pembelajaran    : Indahnya Negeriku/ Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan/ 1

A.  Kompetensi Inti
KI-1   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI-4         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Indikator:
3.4.1 Menceritakan teks cerita petualang dengan menggunakan kata-kata sendiri
4.4.1 Membuat kalimat dengan menggunakan kosa kata baku.

Matematika
Kompetensi Dasar:
1.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas.
3.7 Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal.
4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
Indikator:
3.7.1 Menjelaskan operasi penjumlahan dengan bilangan desimal.
3.7.2 Menjelaskan operasi pengurangan dengan bilangan desimal.
4.2.1 Mengoperasikan penjumlahan bilangan desimal dan persen.
4.2.2 Mengoperasikan pengurangan bilangan desimal dan persen.

IPA
Kompetensi Dasar:
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi.
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat.
4.6 Menyajikan laporan tentang sumber daya alam dan pemanfaatannya oleh masyarakat.
Indikator:
3.7.1 Membedakan hewan langka dan tidak langka.
4.6.1 Menyimpulkan laporan berita perburuan hewan langka.

C.  Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan mengamati gambar, siswa dapat membedakan hewan langka dan tidak langka dengan cermat dan teliti.
  2. Berdasarkan teks petualangan, siswa dapat menyimpulkan berita perburuan hewan langka menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
  3. Dengan membaca pemahaman teks, siswa dapat menceritakan kembali teks petualangan menggunakan kata-kata sendiri dengan bahasa yang santun dan tanggung jawab.
  4. dsb….

.

Contoh Kisi-kisi dan Soal UTS I Kurikulum 2013

di bawah ada beberapa contoh kisi-kisi dan soal Ulangan Tengah Semester Ganjil untuk Kurikulum 2013, Penulis menyadari isi dan materi yang ada di dalamnya masih banyak salah dan kekurangan. untuk itu saran dan kritik yang membangun pada halaman ini sangat Kami harapkan.

KISI-KISI SOAL UTS I KURIKULUM 2013

SOAL-SOAL UTS I KURIKULUM 2013

semoga tulisan kecil ini dapat menjadikan salah satu bahan perbandingan untuk mengaplikasikan program Kurikulum 2013. Salam Pendidikan Indonesia.

 .

Halaman terkait :

.

Logo icon berprestasi efullama 2014

10 Komentar

10 thoughts on “Kisi-kisi dan Soal UTS Kurikulum 2013

  1. Enur CC

    Terimakasih,
    hebat, izin download ya..

  2. terimakasih bantuanya mas bro…

  3. KASO`ON BROO ATAS BENTOANNAH

  4. SLAMET JAYADI

    TRIMAKASIH MAS ATAS SEGALANYA

  5. matur nuwun mas bisa pesan semua kisi-kisi dan dan naskah soal

  6. Hebat Brother,,,,ijin download

  7. Luar biasa

  8. Terimakasih bapak .. salam satu perjuangan.

  9. heriyono

    terima kasih pak bos,,,ada ga Kisi-kisi Soal UTS I K13 Kelas 1 Tema 2..??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: