Kurikulum

Animasi bird ann

KURIKULUM SD SN Satu

a.      Prinsip-prinsip Pengembangan kurikulum

            Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SDN Balewangi 01 Kecamatan Cisurupan dikembangkan sebagai perwujudan dari kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Kurikulum ini disusun oleh satu tim penyusun yang terdiri atas unsur sekolah dan komite sekolah di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kab/Kota Garut, serta dengan bimbingan nara sumber ahli pendidikan dan pembelajaran dari Team Pengawas TK/SD Kecamatan Cisurupan. Pengembangan kurikulum ini didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut:

  1. berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya;
  2. beragam dan terpadu;
  3. tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni;
  4. relevan dengan kebutuhan kehidupan;
  5. menyeluruh dan berkesinambungan;
  6. belajar sepanjang hayat; dan
  7. seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.

.

b.      Implementasi Pengembangan KTSP

Mulai tahun pelajaran 2006/2007 SD Negeri Balewangi 01 berupaya menggunakan pendekatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sesuai dengan peraturan pemerintah nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Beberapa kegiatan untuk mengembangkan kurikulum KTSP meliputi:

1)      Pelatihan penyusunan KTSP tingkat Kecamatan/

.       Kabupaten/ Provinsi

2)      Pelaksanaan penyusunan di sekolah

3)      Workshop KTSP tingkat Gugus/ Kecamatan

4)      Publikasi produk KTSP kepada stakeholder

.

2 . Program Unggulan

a.      Bidang Kurikulum

Program yang terus dikembangkan dalam bidang kurikulum meliputi beberapa kegiatan diantaranya:

  • Penyusunan perangkat kurikulum
  • Pelaksanaan pembelajaran melalui pendekatan PAKEM
  • Evaluasi
  • Revisi dan pengembangan kurikulum
  • Pendampingan guru kelas/ mapel dalam menyusun perangkat pembelajaran, administrasi kelas, strategi/metode pembelajaran, media pembelajaran dan administrasi laporan pendidikan.

.

b.      Bidang kesiswaan

  • Program baca perkalian dibaca selama 5 menit setiap hari pada awal jam pertama setelah melaksanakan do’a bersama.
  • Pembinaan bakat anak terhadap Ilmu Pengetahuan Alam, Seleksi siswa berprestasi dan pembinaan persiapan lomba prestasi dan kreativitas siswa lainnya.
  • Bidang seni olah raga: Catur, Tenis Meja, Bola Voli Mini, Sepak Bola, Sepak takraw, Atletik
  • Bidang seni Seni budaya: Pencak silat, Baca puisi, Teknik Membaca Berita, Bercerita daerah, Tari tradisional, Solo/ Vokal Grup
  • Bidang agama: Tahfidz doa-doa harian, Kaifiyat Solat, Kegiatan Ramadhan, Pembinaan prestasi akademik.

.


STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM

 I.  Struktur Kurikulum

Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran.

Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok, yaitu:

  1. Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
  2. Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian
  3. Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
  4. Kelompok mata pelajaran estetika
  5. Kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga dan kesehatan.

Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada tabel berikut ini.

Tabel Cakupan Kelompok Mata Pelajaran

No Kelompok Mata Pelajaran Cakupan
1. Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.
2. Kewarganega-raan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.
5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Struktur kurikulum SDN Balewangi 01 dapat dilihat pada tabel berikut ini.

 

Tabel Struktur Kurikulum

KOMPONEN KELAS DAN ALOKASI  WAKTU
I II III IV V VI
A. Mata Pelajaran TEMATIK   TEMATIK   TEMATIK        
1. Pendidikan Agama 2 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Kewarganegaraan 1 1 1 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 6 6 6 5 5 5
4. Matematika 6 6 6 5 5 5
5. Ilmu Pengetahuan Alam 2 2 2 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Sosial 1 1 2 3 3 3
7. Seni Budaya dan Keterampilan 2 2 2 4 4 4
8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan 2 2 2 4 4 4
B. Muatan Lokal
1. Bahasa Sunda 2 2 2 2 2 2
2. PLH 2 2 2 2 2 2
2. Bahasa Inggris 2 2 2 2 2 2
C. Pengembangan Diri 2 2 2 2 2 2
Jumlah 30 31 32 38 38 38

Struktur kurikulum SD Negeri Balewangi 01 meliputi subtansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI. Struktur kurikulum ini disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan ketentuan berikut ini.

  1. Kurikulumnya memuat 8 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri.
  2. Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan IPA Terpadu (SAINS) dan IPS Terpadu.
  3. Pendekatan pembelajaran di kelas I s.d. III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan pada kelas IV s.d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
  4. Lingkungan pembelajaran yang digunakan menggunakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM).
  5. Alokasi waktu satu jam pelajaran adalah 35 menit.
  6. Minggu efektif dalam satu tahun (dua semester) antara 32 sampai dengan 36 minggu.

.

II.  Muatan Kurikulum di SDN Balewangi 01

Muatan kurikulum meliputi 8 mata pelajaran, 3 muatan lokal, dan Pengembangan diri.

1.      Mata Pelajaran

Mata Pelajaran di SDN Balewangi 01 terdiri dari  8 mata pelajaran yaitu :

1)        Pendidikan Agama

2)        Pendidikan Kewarganegaraan

3)        Bahasa Indonesia

4)        Matematika

5)        Ilmu Pengetahuan Alam

6)        Ilmu Pengetahuan Sosial

7)        Seni Budaya dan Ketrampilan

8)        Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan

.

2.      Muatan Lokal

Muatan Lokal di SDN Balewangi 01 terdiri atas:

1)        Bahasa Sunda

2)        Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH)

3)        Bahasa Inggris

.

3.      Pengembangan Diri

  1.  Kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan minat dan bakat siswa yang meliputi:

1)        Kewiraan

  • Kepramukaan Siaga dan Penggalang
  • Pasukan Pengibar Bendera/ PBB-AB
  • Dokter Kecil

2)    Olah raga

  • Permainan catur
  • Tenis Meja
  • Bola Voli Mini
  • Sepak Bola
  • Sepak takraw
  • Atletik

3)    Seni budaya

  • Pencak silat
  • Baca puisi
  • Teknik Membaca Berita
  • Bercerita daerah
  • Tari tradisional
  • Seni Musik Solo/ Vokal Grup
  • Seni Karawitan

4)    Bidang agama

  • Tahfidz doa-doa harian
  • Kaifiyat Solat
  • Kegiatan Ramadhan

5)   Pembinaan prestasi akademik

  • Les siswa kelas VI
  • Pembinaan peserta lomba SPKS Tingkat Kecamatan/ Kabupaten.

.

  1. Kegiatan Pembiasaan

1)      Pembiasaan rutin

  • Mengucapkan salam ”Assalamu’alaikum” kepada teman, guru, kepala sekolah di lingkungan sekolah ketika bertemu.
  • Berdoa sebelum dan sesudah belajar
  • Membiasakan “sun tangan” kepada guru ketika pulang sekolah atau ketika bertemu guru/ kepala sekolah sebagai tanda hormat kepada orang tua.
  • Berbicara sopan santun.

2)    Pembiasaan terprogram

  • Kegiatan Ramadhan
  • Pesantren Ramadhan
  1. Kegiatan Keteladanan
  • Pembinaan ketertiban anak sekolah.
    • Hari Senin, berpakaian putih-putih
    • Hari Selasa dan rabu, berpakaian putih-merah
    • Hari kamis, berpakaian batik
    • Hari Jum’at dan sabtu, berpakaian Pramuka
    • Berpakaian olah raga disesuaikan dengan jadwal mata pelajaran PJOK atas instruksi guru Mapel PJOK.
    • Pembinaan Kesiplinan
    • Penanaman nilai akhlak Islami, sekolah memperboleh siswanya berpakaian berjilbab.
    • Penanaman minat baca, mengoptimalkan pusat sumber belajar (perpustakaan) kepada seluruh siswa
    • Penanaman karakter budaya bangsa, meliputi: budaya bersih diri, gotong royong, bersih lingkungan sekolah melalui program 5 K.

2. Kegiatan Nasionalisme dan Patriotisme

  • Peringatan Hari Kemerdekaan RI
  • Peringatan Hari Pahlawan
  • Peringatan Hari Pendidikan Nasional
  • Peringatan Hari Anak Nasional setiap Bulan Juli.

3. Kegiatan Prestasi dan Kreativitas Siswa

  • Kegiatan SPKS tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten
  • Kegiatan O2SN tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten
  • Kegiatan PORSENI

Hormat kami,

Untuk kembali ke Administrasi Sekolah secara lengkap dipersilahkan share klik di sini!

Logo efullama 2012

11 Komentar

11 thoughts on “Kurikulum

  1. ernawati

    kurikulum 2013 kapan ditampilkan?

  2. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  3. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

  4. Daniel H.Mb.Kamalakonda,S.Pd.SD

    salam kenal,saya sangat senang dengan data yang ada hal ini mrnjadi ba

    han saya dalam melengkapi dokumen saya yang masih kurang.bisakah saya download berkas?mksh.

  5. Daniel H.Mb.Kamalakonda,S.Pd.SD

    salam kenal,saya sangat senang dengan data yang ada hal ini mrnjadi bahan saya dalam melengkapi dokumen saya yang masih kurang.bisakah saya download berkas?mksh.

  6. sofyan sidik

    terima kasih banyak..semoga bpk senantiasa diberikan kemudahan oleh ALLAH SWT..izin download

  7. asslm,, aa hatur nuhun data2nya semuanya bagus bnget,, membantu bnget utk pemula seperti sya,, tetap semangat berkarya ya aa, demi tercipta pengajar yg handall,,ajzklhr,,trimakasih aa,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: