Data NISN

ikhwan NISN

  • atau Nomor Induk Siswa Nasional saat ini sudah bisa dilihat melalui situs internet. Namun banyak juga mungkin diantara para siswa yang kebingungan mencari NISN siswa meski sebenarnya dapat dilihat secara langsung melalui situs Kemdiknas.go.id. Bagaimana cara mencari NISN Siswa ini secara lengkap?
  • Nah berikut adalah penjelasannya:

1. Silahkan kunjungi langsung situs http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data

2. Klik tab “Pencarian berdasarkan Nama”, dan akan terlihat seperti tampilan pada gambar dibawah ini :

NISN Dapodik 2012

3. Ketikkan “Nama Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir”, kemudian klik tombol “Cari”.

Bila teman-teman melakukannya secara benar, maka NISN yang teman-teman cari seketika akan keluar.

.

Sekarang dengan adanya menu Verval Peserta Didik khususnya pengajuan dan perbaikan NISN akan lebih mudah, tetapi semuanya dilaksanakan sesuai data pada Aplikasi DAPODIKDAS melalui akun Operator Sekolah masing-masing. untuk para siswa yang sudah lulus dari tingkat Sekolah Dasar tetapi belum memiliki NISN maka prosesnya akan dilaksanakan oleh Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama/sederajat. dengan kata lain tidak di entri lagi oleh Operator Sekolah Dasar.

Di bawah ini adalah contoh menu tampilan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik, dengan rincian :

  • Home       : menu awal tampilan verval yang berisi profil dan grafil perubahan data siswa pada Akun.
  • Referensi : menampilkan daftar nama dan jumlah siswa yang sudah di entri pada aplikasi Dapodikdas 2013.
  • Residu     : berisi daftar nama siswa yang akan di verifikasi NISN nya fungsinya untuk memvalidasi data, apakah ada perubahan pada biodata NISN atau memang belum mempunyai NISN dan hendak mengajukan penomoran.
  • Edit Data : prosedur untuk perbaikan biodata siswa seandainya ada kesalahan entri, contoh kesalahan pengetikan pada nama siswa, tempat tanggal lahir, nama orang tua dan identitas lainnya.
  • Konfirmasi Data : menu sebagai persetujuan atas NISN yang sudah diajukan, dan nantinya NISN akan otomatis dimasukkan pada Aplikasi Dapodikdas 2013 setelahnya pihak Operator melakukan synkronisasi.
  • System   : salah satu menu untuk keluar dari system/aplikasi verval.

Untuk masuk ke akun verval ini maka diperlukan Username dan Passwordnya sama sebagaimana para Operator Sekolah masuk pada aplikasi Dapodikdas 2013.

login verval PD NISN 2014

Entri data Validasi NISN dilakukan oleh Operator Sekolah

.

Manfaat NISN

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

Untuk sekolah yang akan mengajukan NISN baru, maka disini ada format terbaru untuk Pengajuan NISN 2012.

.

Catatan Pencarian NISN

Perlu dicatat ketika Anda sudah melakukan langkah-langkah diatas dengan benar, tetapi NISN Anda tidak ditemukan, maka ada kemungkinan telah terjadi berbagai masalah terkait NISN Anda. Adapun berbagai permasalahan yang mungkin saja terjadi, diantarnya adalah sebagai berikut:

  1. Data NISN Anda belum diupdate di database situs kemendiknas
  2. Data NISN Anda belum diajukan
  3. Kesalahan input data yang menimbulkan perbedaan isian data antara yang ada di database dan dengan pencarian data yang Anda lakukan.
  4. Server situs yang menampung data NISN sedang bermasalah.

.

NISN tidak muncul, Kita harus melakukan apa ?

Bagi Anda yang mengalami kegagalan disaat mencari NISN secara online, maka langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan menanyakan langsung kepada pihak sekolah, baik langsung kepada Kepala Sekolah, atau pihak yang ditunjuk sebagai petugas operator di sekolah masing-masing.

Dapat pula dikarenakan aplikasi atau situsnya sedang ditutup untuk sementara waktu.

Demikianlah sekilas tentang catatan cara mencari NISN yang bisa kami sampaikan. Semoga informasi singkat kali ini kiranya dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba…

..

Klik link di bawah ini untuk melihat hasil dari:

.

Download efullama

atau untuk siswa yang berada di wilayah SDN Balewangi I Kecamatan Cisurupan Garut, bisa langsung klik data NISN (disesuaikan dengan Tahun Pelajaran Kelulusan) di bawah ini :

NISN Khusus Wilayah Sendiri

Kartu NISN Khusus SDN Balewangi 01 Garut

Kartu NISN Khusus SDN Balewangi 01 Garut

Semoga informasi ini kiranya bermanfaat.

.

Logo icon meme berprestasi efullama 2014

75 Komentar

75 thoughts on “Data NISN

  1. Putri

    Assalammualaikum wr.wb…..
    Saya adalah salah satu orang tua murid yang hendak memindahkan anak saya dari sTangerang ke DKI Jakarta,sementara waktu proses validasi tertunda karena web sedang offline,mohon info sampai kapan web akan kembali online atau normal?

    • Wa’alaikumsalam. Ya sama dengan daerah kami pun, masih menunggu informasi dari Dinas Kabupaten. menunggu untuk sementara waktu.
      terimakasih untuk kunjungannya.

  2. YANCE DORISKA

    Assalammualaikum wr.wb…..
    adik saya baru saja pindah dari kab. karo namun, NISN disana tidak dikeluarkan. sedangkan adik saya ini sudah mendaftar di smpn 04 Tamsel pihak sekolah meminta kartu NISNnya lalu saya ingin meminta model Nisn sekarang untuk sementara saya ingin membuatnya karena pihak sekolah tidak mau tahu dengan tiadanya kartu NISN tersebut kiranya anda memberikan solusi masalah kami ini. TERIMAKASIH

    • Wa’alaikum salam wr. wb.
      yang kami ketahui pemberian kartu NISN, baru satu kali yaitu awal peluncuran sekitar tahun 2007/2008. untuk sekarang ini NISN ditampilkan hanya berupa angkanya saja tidak dengan kartunya. jadi Bapak/Ibu cukup meminta nomor NISN nya saja.
      insya Allah kalaw ada kesempatan kami akan membantu mencarinya. data yang harus disediakan nama SD nya lengkap dengan alamat, NPSN SD, dan nama peserta didik yang bersangkutan.

  3. Ping-balik: Daftar NISN Pengajuan Terbaru 2013 | efull@ma

  4. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  5. Ping-balik: Selayang Pandang by efullama1113 | efull@ma

  6. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

  7. riyana dwi

    Assallamualaikum. pak mau tanya punya format kartu NISN yang ada NIP KEPSEKnya ga? sy boleh minta ga?

  8. maikel

    Bagaimana caranya untuk mengetahui asal sekolah berdasarkan NISN ?

  9. SIGIT

    BAGAIMANA CARA MENGANTI CAP SD GAN

    • Ada 1 ruang kotak yang terpisah disebelah kanan halaman cap.
      maka disanalah cap sekolah disimpannya, dengan begitu maka otomatis cap sekolah akan tersebar ke 5 titik lokasi cap.
      selamaat mencoba…

  10. anok

    kenapa alamat resmi yang diberi tida bisa dikunjungi??

  11. toha maksun

    Ass. saya operator sdn di Pasuruan. saya mau tanya bagaimana caranya memasukkan foto di aplikasi cetak nisn?

    • Wassalamu’alaikum. coba downloadnya kartu NISN dengan versi X.14.. disana sudah lengkap.. alamatnya klik

      icon download efullama

      terimakasih untuk kunjungannya..

  12. listanti

    assamualaikum pak saya mau tanya saya sudah mencari nisn saya disekolah maupun internet tp engga ditemukan juga trs caranya menemukannya gimana,?

    • Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
      Jika masih bersekolah di tingkat Dasar, dapat ditemukan pada Verval PD (ini dapat diminta bantuannya pada Operator Sekolah yang bersangkutan), tetapi kalau alumni dari SD dapat dilihat pada alamat yang sudah disediakan di atas kita tinggal melakukan pencarian dengan kata kunci “nama dan tanggal lahir” kita sendiri. hanya perlu diperhatikan untuk nama harus disesuaikan dengan nama saat melakukan pendataan NISN di Sekolah Dasar karena sering terjadi data di sekolahnya ada yang suka menggunakan nama panggilan.

  13. Adi Prasetyo

    Assalamualaikum,pak mau nanya nih,saya mau bikin kartu NISN,permasalahannya:
    1. Nama sekolah tidak bisa di edit,gimana caranya ya….?!
    2. wakti mencetak kartu,kenapa yang nomor paling bawah tidak tercetak keseluruhannya…….?!
    terimakasih sebelumnya…….

  14. imoenk

    lha untuk file exel tidak kok diproteksi itu bagai mana to mau di edit ditambah cap dan ttd kepsek kok jd tidak bisa

    • Saya harapkan Sdr sudah menggunakan Kartu NISN V.X.14 karena ini versi yang terbaru,.. dan sudah dicek lagi ternyata gada yg error, aplikasi masih tetap berjalan sesuai intruksi, yaitu menempatkan cap nya pada area kotak putih yang sudah disediakan. kalau untuk Ttd KS, Admin tidak menyebutkan ada areanya, karena itu dilakukan secara manual setelah kartunya dicetak.
      terimakasih untuk kunjungannya.

  15. imoenk

    jadi kurang membantu..

    • Maksudnya yang kurang berkenan itu tentang aplikasi excel NISN atau tentang verval NISN…
      kalau ttg aplikasi NISN sudah dibahas pada inbox sebelumnya, tetapi kalau ttg verval NISN itu hanya sekedar informasi saja, karena sekarang untuk melakukan pengolahan data khususnya verval NISN dilakukan hanya oleh para operator sekolah saja yaitu lewat DAPODIKDAS.
      terimakasih untuk kunjungan dan sarannya…

  16. Kosim Purwanto

    Gan mohon pencerahan cara memasukan cap SD ke aplikasi cetak kartu nisn

    • Aplikasinya versi yang keberapa.. versi terbaru ada dibagian menu cap, pada bagian kanannya ada area untuk menyimpan cap. kalau sudah, secara otomatis akan menyebar ke 10 kartu terisi…

  17. kota kediri jatim

    mohon petunjuk kenapa kok kita mencari nisn di internet menjadi sulit

  18. assalamualaikum. mau tanya, waktu saya mencari NISN secara online, data saya tidak ditemukan. bagaimana kelanjutannya?? terima kasih

    • Wassalamu’alaikum. kalau boleh tahu sekarang sudah jenjang apa sekolahnya…
      dapat dicoba kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data pencariannya bisa dengan NISN sendiri atau pencarian berdasarkan nama dan tanggal lahir. (hanya namanya harus disesuaikan dengan nama pendaftaran siswa baru ketika di SD, jika ternyata ada perubahan/penulisan nama sebelumnya)

  19. kempul

    Ass. Gan kira2 bener gk pencarian nomor nisn dengan nama,tempat lahir,dan tanggal lahir. soalnya nama itu kan banyak.

    • wassalam. benar, jika pada nama dan tanggal lahirnya kebetulan sama, maka nanti pada hasilnya akan ditampilkan beberapa nama, kita tinggal pilih sesuai dengan data2 lain yang ditampilkannya.
      nomor NISN tidak muncul walaupun kita ketik NAMAnya sudah benar, itu bisa terjadi karena NAMA atau Tgl lahir tersebut tidak sama dengan NAMA/Tgl lahir yang diuploadkan pertama kali saat mendaftarkan nomor NISN.

  20. soni supriadi

    assalamu alaikum wr,wb…
    maaf gan numpang tanya,NISN aq tidak muncul terus,kenapa yach???
    makasih

    • Wassalamu’alaikum.. dari tahun berapa dibuatkannya…. bisa dicoba menghubungi lagi ke SD sebelumnya, sambil cek biasanya penulisan data untuk “nama” dan “tanggal lahir” siswa saat pendaftaran NISN ada yang berbeda dengan data sebenarnya/Ijazah.
      lalu coba lagi online dengan data yang diberikan oleh SD…

  21. Iffah

    Assalamualaikum…..

    bagaimana mencari nama sekolah asal berdasarkan NISN?
    atau mungkin ada cara lain untuk mencarinya ya? kebetulan saya hilang kontak dengan saudara
    terima kasih

    • Wassalamkm. sampai sekarang belum menemukan cara untuk melihat asal nama sekolah…
      dicoba search lagi ke web yang lain.. makasih untuk kunjungannya..

  22. Narhadi Umar

    Ass…Pak gmna cara untuk memasukan Cap SD ke Aplikasi cetak Kartu NISN Versi.05-14…?

  23. Gan,mohon pencerahannya,anak saya waktu itu pindah dari sd negri daerah kelas 2 pindah ke sd swata daerah tangerang,sampai kls 4,.,lalu pindah pindah lg ke daerah bogor,.nah sekarang sudah smk kls 2 daerah bogor,.pas cari nisn,yg ada namanya beda,harusnya Fras,jadi Pras,dan juga ada 2 nisn,.bagaimana itu gan?trmksh jawabannya

    • oh, dipilih saja bu NISN yang paling mendekati dengan data siswa dan orangtuanya, mengapa beda penulisan namanya ini karena dulu disaat pendaftaran/data NISN nya memakai nama dengan penulisan Pras bukan Fras. dan NISN sifatnya tetap jadi memakai nomor yang itu saja kecuali ada revisi lagi di data SMK nya (ini jika aplikasi onlinenya terbuka, NB: sampai sekarang untuk kotak NISN itu selalu terkunci).

  24. Ping-balik: Selayang Pandang | PENGAWAS BINA SD/MI

  25. Dharma Putra

    cara mencari nomor induk siswa gimana ya…?

    • Klik dulu pada gambar Kartu NISN nya, lalu klik tab “Pencarian berdasarkan Nama”, setelah terisi “Nama Siswa”, “Tempat Lahir”, dan “Tanggal Lahir”, kemudian klik tombol “Cari”. kalau memang data yang dimasukkan sama dengan nama siswa saat pendaftaran NISN dulu di Sekolah Dasar, maka NISN akan muncul, kalau tidak sebaiknya menghubungi lagi sekolah asal siswa tersebut, terutama menanyakan identitas siswa saat masuk kelas 1.

  26. Gimana Sih Cara Cari No.NISN

    • masuk dulu ke alamat ini http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data lalu klik tab pencarian berdasarkan nama, lalu ketik nama siswa dan tempat tanggal lahirnya, lalu klik “cari”.
      jika seandainya nisn/nama siswa tersebut tidak muncul, berarti datanya ada perbedaan sewaktu pendaftaran NISN dulu, salah satu contohnya dikarenakan salah ketik/memang data awalnya berbeda dengan yang sebenarnya, dan banyak kejadian seperti itu, apalagi jika saat pendaftaran siswa tersebut tidak menyertakan Akte Kelahiran.
      cara yang lain, dapat langsung menanyakan lagi ke sekolah tingkat dasar.

  27. Selamat siang, saya mencari data NISN saya tapi tidak terdaftar, saya adalah Lulusan SMA WR. Supratman 1 Medan, Tahun ajaran 2005-2006.

    Ada bantuan? Terima kasih

    • Untuk NISN mulai dikeluarkannya sekitar tahun 2007-2008. jadi siswa dibawah 2007 kemungkinan tidak akan ada dalam daftar karena aplikasinya juga belum dibuatkan. dicoba lagi menghubungi ke Disdik Kab/Kota. dgn harapan ada jalan/penjelasan lain.

  28. lian k

    Tolong gimana caranya mencari nama sekolah berdasarkan nisn

  29. sri mulyati

    Assalamualaikum, mohon info nama & alamat sekolah dr nomor nisn 0105634157

    • Wassalamu’alaikum. untuk nama & alamat sekolah, kami masih mengalami kesulitan karena tidak ada menu itu dalam sistemnya.

  30. Aos

    Assalamu’alaikum. Pa mohon izin, minta backsoundnya. email : sdn.sawahdadap.3@gmaail.com

    terima kasih

  31. Mulyadi Asnawi

    Pada Aplikasinya terdapat Password, mgkin bsa di infokan. atau mungkin App hanya untuk kwasn trtentu ???

  32. Ayu Hardiyanti

    Assalamu’alaikum saya mau nanya nisn adik saya yang di dapat dari SD dan digunakan sampai dia SMP skarang, nah ketika ingin mendaftar SMA syaratnya harus cetak nisn online asli, namun ketika di cek di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan dicari berdasarkan nisn ketika muncul itu datanya data orang lain , namun ketika saya cari berdasarkan nama, dgn memasukkan nama tempat lahir dan tanggal lahir adik saya ternyata ada dan datanya sesuai. Jadi nisn adik saya yang sebenarny itu yang mana? Mohon penjelasannya, terimakasih

    • Wassalamu’alaikum.
      Ya memang itu sering terjadi tentang NISN yang ganda. Ibu tinggal memakai NISN yang dicari berdasarkan nama dan tanggal lahir saja.
      terimakasih kembali untuk kunjungannya.

  33. Sarifuddin

    Assalamualaikum wr wb, maaf pak saya mau tanya masalah nisn untuk tahun 1979 untuk SD dan 1981 untuk SMP,bgaimana cara melihat nisn tsb, karena ada ijazah orang tua saya yang hilang, mohon solusi nya pak, terima kasih

    • Wassalamu’alaikum. untuk tahun 1979 atau 1981 memang NISN belum ada karena penomoran NISN itu mulai dibuatkan sekitar tahun 2011, kecuali untuk Nomor Induk Siswa (NIS) itu dapat dihubungi ke sekolah asal dengan melihat tanggal masuk dan tanggal kelulusannya…

  34. Aris sugiarto

    Assalamualaikum.. Saya wali murid sd 21 palembang.. Saya mendaftarkan anak pertama saya ke sekolah smp negeri 45..sesuai dengan rayon.. Tapi pihak smp minta data nisn dari internet ternyata data anak saya tidak ada di internet.. Mohon solusinya..

    • Wassalamu’alaikum. kita bisa mengecek data NISN dengan nomor NISN tersebut yang diberikan oleh pihak SD atau kita bisa menggunakan dengan kata kunci nama dan tanggal lahir murid tersebut…. lewat online…
      mohon maaf baru aktif lagi…

  35. assalamuualikum wr.wb
    saya mau tanya kalau nisn itu tetap ya gk ganti²
    dr Sd ke Smp ke Sma itu tetap ta

  36. Kirana

    Maaf saya mau nanyak gimana NISN tahun 2007-2008 bisa ada, padahal saya sudah cari tapi tidak ditemukan, untuk alumni 2007-2008,,sementara tahun 2007 belum ada dapodik, mohon bantuannya.

    • Biasanya, kendala tersebut tinggal kita buatkan Surat Keterangan yang menjelaskan bahwa NISN pada tahun 2007-2008 itu belum ada/belum diterbitkan.
      semoga dapat membantu

  37. Nova

    Maaf saya mau tanya pak,saya kan udah akhir sma dan skrg hendak masuk kuliah. Tpi nisn di raport dan di ltmpt untuk msuk universitas berbeda pak. Saya sudah melaporkan hal ini kepada pihak sekolah, namun ketika di cek di dapodik untuk dibuat surat keterangannya malah tidak muncul nisn atas nama sayanya. Jdi bagaimana itu pak, sedangkan msuk kuliah ada tahap verifikasi raport asli dengan data di ltmpt yg kenyataanya berbeda nisn. Mohon jawabannya pak, terima kasih.

    • di cek saja ke 2 nisn tersebut, dan kita lihat datanya, lalu kita pilih NISN yg datanya sesuai dgn data akurat kita.
      jika tetap berbeda, biasanya kita minta surat keterangan dari sekolah tentang kepemilikan NISN tersebut.
      semoga berhasil, mohon maaf webs nya baru aktif kembali

  38. Amirul Arifin

    Bagaimana cara mengetahui nama sekolah melalui NiSN ?

  39. data NISN dengan nomor NISN tersebut yang diberikan oleh pihak smk atau kita bisa menggunakan dengan kata kunci nama dan tanggal lahir murid tersebut

  40. Kang Mas

    Pak izin bertanya,,, saya alumni SMA tahun 2008-2009 , saya butuh nisn,, gmana cara nya ya pak..
    Trima kasih

Tinggalkan komentar