Bismillahirrahmaanirrahiim
Astagfirulloh Robbal baroya
Astagfirulloh minal khotoya
Robbi zidni ‘ilmannafi’a
Wawakifni ‘amalan soliha
Hirup di dunya ukur ngumbara
Harta jeung anak pitnah nu aya
Kuatkeun iman tingkatkeun takwa
Pasti salamet di akhir masa 2x
. Lobakeun pisan mieling mati
. Sabab ieu teh datangna pasti
. Nyawa dipundut Robbul izzati
. Mangkade hirup sing ati-ati 2x
Datangna ajal diri sumerah
Nyawa jeung jasad tuluy papisah
Anak kulawarga karumpul kabeh
Tuluy dibungkus badan ku boeh 2x
. Nu nganteur jenajah tilu perkara
. Amal jeung harta anak kulawarga
. Harta jeung anak baralik deui
. Amal mimilu nu jadi saksi 2x
Umur manusa bakal ditanya
Kawit lahirna dugi ka maotna
Waktu ngorana waktu sehatna
Sadaya pisan di pariksana 2x
. Taya hartina hirup di dunya
. Salami hirup midamel dosa
. Poho ka diri pasti cilaka
. Nandangan siksa seuneu naraka 2x
(dicatet ku Kamaludin Ks)
.
“Pupujian”, cermin kearifan orang Sunda
Dalam seni suara pun, kita pasti pernah mendengar lantunan “pupujian” bertajuk “Anak Adam” di mesjid-mesjid atau di tajug pada masyarakat agraris, sebagai berikut:
“Anak Adam urang di dunya ngumbaraumur urang di dunya moal lilaanak adam umur urang teh ngurangansaban poe saban peuting di kurangan.”
Kalimat “pupujian” atau “nadhoman” ini memiliki semangat profetik, yakni betapa tidak hidup itu akan berakhir dan menyadarkan para pemuji dan pendengarnya untuk menunaikan shalat ketika adzan telah dikumandangkan. Ini juga mengindikasikan urang Sunda memiliki semangat egalitarianisme dalam berinteraksi dengan masyarakat lewat cara mengajak Sunda Islam anu Eusleum secara lemah-lembut.
Mengapa “pupujian” dilakukan setelah selesai “ngong” adzan..? Sebab, inti hidup yang mesti direfleksikan Muslim Sunda adalah membuat hidupnya lebih berarti dengan beribadah dan mengabdi demi tegaknya nilai-nilai kemanusiaan melalui syair-syair yang mengingatkan kepada kematian.
Dengan mengingat kematian, maka diharapkan Ki Sunda dapat menghidupkan kembali sakralitas Tuhan dalam kehidupan dengan tidak melanggar tata-darigama yang sesuai dengan ajaran Agama Islam yang bernilai universal dan bisa ditawar hingga terbeli oleh budaya lokal. Yang terpenting, saat ini adalah memelihara agar aktivitas “pupujian” jangan dipinggirkan dengan alasan tidak berdasarkan pada sunah Nabi.
Sebab, di dalam syair-syair pupujian tersebut kita akan menemukan bahwa kedamaian menyebarkan ajaran Islam tidak harus dilakukan secara keras. Bahkan, ketika saya pulang kampung ke daerah Garut, pun uwa Ajeungan Abbas Ase memberikan “pupujian” yang menggedor hati, jiwa, rasa, dan jasad saya untuk terus beramal saleh. Kalau tidak salah, bunyi pupujian itu sbb:
“sanes bae yatim teh nu maot ramanasanyatana yatim nu teu berelmu teu beramalsanes kagindingan nu makean badansaliim..saliim..”
Syair dalam versi terjemahan berbahasa Sunda ini, tanpa disertai syair berbahasa Arabnya menyadarkan saya bahwa kemajuan peradaban ditentukan oleh ilmu dan amal. Tentunya, apabila merujuk pada “pupujian” tersebut, selain ilmu dan amal, yang wajib dimiliki oleh muslim Sunda, adalah: kedamaian menebarkan ajaran agama Islam.
(dicatet dina Gema Jabar)
.
.
Pupujian anu sejenna:
Subhanallah Endah Kang. Mohon idin bade diamalkeun !
Alhamdulillah. mangga pami ka anggomah… haturnuhun tos kersa linggih…
Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU
janten tenang kana manah…
kang nada na kmaha ??
atos aya di palih handap kango musik sreng nadanamh… htrnuhun…
izin copas kang… kanggo nambihan pupujian di masyarakat…
Mangga, haturnuhun untuk kunjungannya….
ABDI UKEUN KANG BADE CICETAK DITEMPEL DI MASJID
Mangga, haturnuhun tos kersa linggih…