Pupujian “Hirup di dunya ukur ngumbara”

Bismillahirrahmaanirrahiim

Astagfirulloh Robbal baroya

Astagfirulloh minal khotoya
Robbi zidni ‘ilmannafi’a
Wawakifni ‘amalan soliha
Hirup di dunya ukur ngumbara
Harta jeung anak pitnah nu aya
Kuatkeun iman tingkatkeun takwa
Pasti salamet di akhir masa   2x
.               Lobakeun pisan mieling mati
.              Sabab ieu teh datangna pasti
.              Nyawa dipundut Robbul izzati
.              Mangkade hirup sing ati-ati   2x
Datangna ajal diri sumerah
Nyawa jeung jasad tuluy papisah
Anak kulawarga karumpul kabeh
Tuluy dibungkus badan ku boeh   2x
.              Nu nganteur jenajah tilu perkara
.              Amal jeung harta anak kulawarga
.              Harta jeung anak baralik deui
.              Amal mimilu nu jadi saksi  2x
Umur manusa bakal ditanya
Kawit lahirna dugi ka maotna
Waktu ngorana waktu sehatna
Sadaya pisan di pariksana   2x
.              Taya hartina hirup di dunya
.              Salami hirup midamel dosa
.              Poho ka diri pasti cilaka
.              Nandangan siksa seuneu naraka   2x
                                    (dicatet ku Kamaludin Ks)

.

Pupujian”, cermin kearifan orang Sunda
Dalam seni suara pun, kita pasti pernah mendengar lantunan “pupujian” bertajuk “Anak Adam” di mesjid-mesjid atau di tajug pada masyarakat agraris, sebagai berikut:
“Anak Adam urang di dunya ngumbara
umur urang di dunya moal lila
anak adam umur urang teh ngurangan
saban poe saban peuting di kurangan.”
Kalimat “pupujian” atau “nadhoman” ini memiliki semangat profetik, yakni betapa tidak hidup itu akan berakhir dan menyadarkan para pemuji dan pendengarnya untuk menunaikan shalat ketika adzan telah dikumandangkan. Ini juga mengindikasikan urang Sunda memiliki semangat egalitarianisme dalam berinteraksi dengan masyarakat lewat cara mengajak Sunda Islam anu Eusleum secara lemah-lembut.
Mengapa “pupujian” dilakukan setelah selesai “ngong” adzan..? Sebab, inti hidup yang mesti direfleksikan Muslim Sunda adalah membuat hidupnya lebih berarti dengan beribadah dan mengabdi demi tegaknya nilai-nilai kemanusiaan melalui syair-syair yang mengingatkan kepada kematian.
Dengan mengingat kematian, maka diharapkan Ki Sunda dapat menghidupkan kembali sakralitas Tuhan dalam kehidupan dengan tidak melanggar tata-darigama yang sesuai dengan ajaran Agama Islam yang bernilai universal dan bisa ditawar hingga terbeli oleh budaya lokal. Yang terpenting, saat ini adalah memelihara agar aktivitas “pupujian” jangan dipinggirkan dengan alasan tidak berdasarkan pada sunah Nabi.
Sebab, di dalam syair-syair pupujian tersebut kita akan menemukan bahwa kedamaian menyebarkan ajaran Islam tidak harus dilakukan secara keras. Bahkan, ketika saya pulang kampung ke daerah Garut, pun uwa Ajeungan Abbas Ase memberikan “pupujian” yang menggedor hati, jiwa, rasa, dan jasad saya untuk terus beramal saleh. Kalau tidak salah, bunyi pupujian itu sbb:
“sanes bae yatim teh nu maot ramana
sanyatana yatim nu teu berelmu teu beramal
sanes kagindingan nu makean badan
saliim..saliim..”
Syair dalam versi terjemahan berbahasa Sunda ini, tanpa disertai syair berbahasa Arabnya menyadarkan saya bahwa kemajuan peradaban ditentukan oleh ilmu dan amal. Tentunya, apabila merujuk pada “pupujian” tersebut, selain ilmu dan amal, yang wajib dimiliki oleh muslim Sunda, adalah: kedamaian menebarkan ajaran agama Islam.
(dicatet dina Gema Jabar)
Categories: Pupujian, Pupujian Anak Adam, Pupujian Basa Sunda, Pupujian Hirup di dunya ukur ngumbara, Pupujian Kanjeung Nabi, Pupujian Nabi Urang Sadayana, Sastra | 10 Komentar

Navigasi pos

10 thoughts on “Pupujian “Hirup di dunya ukur ngumbara”

  1. Aep Karawang

    Subhanallah Endah Kang. Mohon idin bade diamalkeun !

  2. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  3. Wirginingsih

    janten tenang kana manah…

  4. Hadi ridwan

    kang nada na kmaha ??

  5. munajat

    izin copas kang… kanggo nambihan pupujian di masyarakat…

  6. Anosalafi

    ABDI UKEUN KANG BADE CICETAK DITEMPEL DI MASJID

Tinggalkan komentar