Program Pembelajaran

Animasi Bumi

Pengertian PROGRAM SEMESTER

dan PROGRAM TAHUNAN

 

1. Program Semester

Semester adalah satuan waktu yang digunakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan untuk penyelenggaraan program pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan dalam semester itu ialah kegiatan tatap muka, pratikum, kerja lapangan, mid semester, ujian semester dan berbagai kegiatan lainya yang diberi penilaian keberhasilan. Satu semester terdiri dari 19 minggu kerja termasuk penyelenggaraan tatap muka, mid semester dan ujian semester.

Dalam program pendidikan semester dipakai satuan waktu terkecil, yaitu satuan semester untuk menyatakan lamanya satu program pendidikan. Masing-masing program semester sifatnya lengkap dan merupakan satu kebulatan dan berdiri sendiri. Pada setiap akhir semester segenap bahan kegiatan program semester yang disajikan harus sudah selesai dilaksanakan.

Program semester adalah program yang berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut. Program semester merupakan penjabaran dari program tahunan. Isi dari program semester adalah tentang bulan, pokok bahasan yang hendak disampaikan, waktu yang direncanakan, dan keterangan-keterangan.

2. Program Tahunan

Program tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Penentuan alokasi waktu ditentukan pada jumlah jam pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang berlaku serta keluasan materi yang harus dikuasai oleh siswa.

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, berisi tentang garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai , karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-progran berikutnya, yakni program semester, mingguan dan harian serta pembuatan silabus dan sistem penilaian komponen-komponen program tahunan meliputi identifikasi (satuan pendidikan, mata pelajaran, tahun pelajaran) standart kompetensi, kompetensi dasar, alokasi waktu dan keterangan.

Program Tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan program ini telah dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru mata pelajaran sebelum tahun ajaran karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya.

Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan sebagai pedoman bagi pengembangan program-program selanjutnya, seperti program semester, program mingguan, dan program harian atau program pembelajaran setiap pokok bahasan.

Program tahunan memuat penjabaran alokasi waktu tiap-tiap standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk tiap semester dan tiap kelas selama satu tahun pelajaran. Program tahunan selanjutnya dijabarkan secara rinci pada program semester. Program tahunan dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran dimulai, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya. Program tahunan merupakan program umum setiap mata pelajaran untuk setiap kelas, yang dikembangkan oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan (Mulyana, 2004 : 95).

.

Animasi Book-05Di bawah ini ada beberapa contoh Program Semester untuk Kelas 1 s.d. 6  Semester 1 & 2 Tingkat Sekolah Dasar/MI.

.

.

Animasi Book-04Untuk contoh Program Tahunan  Tingkat Sekolah Dasar/MI Kelas 1 s.d. 6  Semester 1 & 2. antara lain:

.

.

Di bawah ini ada beberapa contoh dari Program Pembelajaran Tematik Semester 1 untuk Tingkat Sekolah Dasar/MI.

1. PROMES TEMA KOMPETENSI KELAS 1_1

2. PROMES TEMA KOMPETENSI KELAS 2_1

3. PROMES TEMA KOMPETENSI KELAS 3_1

4. PROGRAM PEMBELAJARAN KELAS 4.1 2

5. PROGRAM PEMBELAJARAN KELAS 5.1

6. PROGRAM PEMBELAJARAN KELAS 6.1

7. PROGRAM PEMBELAJARAN B. ING

.

Sekian beberapa Program yang dapat kami sampaikan, semoga ada manfaatnya. Salam semangat untuk dunia pendidikan.

Kembali ke Administrasi Kelas secara lengkap klik di sini.

atau jika ingin melihat Administrasi Sekolah klik disini.

Terimakasih untuk kunjungannya.

Animasi Kedipan Mata

Logo efullama 2012

17 Komentar

17 thoughts on “Program Pembelajaran

  1. Ping-balik: Administrasi Kelas | SD N BALEWANGI 01 GARUT

  2. Ping-balik: Administrasi Sekolah | SD N BALEWANGI 01 GARUT

  3. yudi

    wilujeng kenal wae kang eful …isi blogna…kaangge pisan..teu hilap ka kang budi masih emut..waktos 17 tahun ka pengker…waktos di PGSD …

  4. mahmudin

    terima kasih atas berbagi ilmunya, semoga Allah melimpahkan berkah kpd akang. amiiiin.

  5. mahmudin

    saya minta format alokasi waktunya atuh, bukan hanya promesnya. boleh gak ?

    • untuk alokasi waktunya lihat pada halaman kalender pendidikan (klik kanan kalendernya lalu save as). karena ini disesuaikan dengan Hari Efektip pendidikan.

  6. Ping-balik: Keseimbangan Alam | ESDE SATU

  7. hatur nuhun elmu nakang ka tampi pisan mudah mudahan elmu akan makin bertambah terus……..kang punteun pami proposal ptk atos aya teu acan nya di pilari teh teu meunakan wae….

  8. Ping-balik: Selayang Pandang by efullama1113 | efull@ma

  9. Ping-balik: Daftar Isi | eBOOK Efullama

  10. Ping-balik: Administrasi Kelas | eBOOK Efullama

  11. Ping-balik: Administrasi Sekolah | eBOOK Efullama

  12. datupijor

    saya minta program semester yang berkarakter donk

  13. nelly ramadhani

    trimakasih banyak..
    semoga di balas dengan ilmu yang lebih banyak lagi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 37 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: